ANALISIS PERBANDINGAN EFISIENSI BANDWIDTH PADA JARINGAN MULTICAST IPTV DENGAN JARINGAN MULTIPLE UNICAST IPTV

TIMBUL BARATA SILALAHI

Informasi Dasar

111058036
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk meningkatkan kinerja suatu jaringan Internet Protocol(IP) multimedia adalah efisiensi kebutuhan Bandwidth. Beberapa teknologi dikembangkan untuk mencapai kebutuhan tersebut, diantaranya adalah sistem IP Multicast. Penggunaannya dapat memberikan jaminan kualitas layanan yang lebih baik dibanding dengan Unicast. Pemilihan sistem antara multicast dan multiple unicast harus mampu memenuhi dan dapat memberikan kinerja yang baik untuk menghindari permasalahan harga dan Bandwidth yang ditimbulkan dalam implementasi.
Pada tugas akhir ini didesain pemodelan Multicast IPTV,dan Unicast IPTV dengan menggunakan jaringan IP Multimedia Subsystem dan dengan RTP (Real Time Protocol) pada protocol transport untuk pengiriman data pada sejumlah besar penerima. Pemodelan jaringan dilakukan dengan menggun software simulasi network simulator-2 (NS-2).
Dengan adanya studi analisis multicast IPTV dan unicast IPTV ini maka diharapkan dapat mengoptimalkan jaringan dengan menurunkan kebutuhan Bandwidth. Efisiensi yang dimaksudkan meliputi pengalokasian Bandwidth akibat penambahan user, bitrate codec, dan kapasitas link pada suatu jaringan IPTV.
Dari pengujian dan analisis diperoleh nilai minimum average delay sebesar 32.5999 ms untuk pengukuran dengan bitrate 1024 kbps, kapasitas link 10 Mbps dan jumlah user 10. Nilai maksimal jitter 1,35932, untuk pengukuran dengan jumlah user 10 dan bitrate 128 kbps. Hasil yang diperoleh masih dibawah dan juga masih dalam ambang batas maksimum yang distandarkan ITU-T dan Cisco, maka disimpulkan sistem ini dapat berfungsi dengan baik, dan multicast memiliki efisiensi bandwidth yang sebih signifikan dibandingkan dengan multiple unicast.
Kata Kunci : Bandwidth, IP Multicast, RTP,NS-2, IMSABSTRACT: To improve the performance of a network Internet Protocol (IP) multimedia is efficiency Bandwidth needs. Some of the technologies developed to achieve these needs, such as IP multicast system. Their use can provide quality assurance services that better than Unicast. Election system between multicast and multiple unicast must provide better performance and avoid the problems caused by price and Bandwidth.
In this final task designed modeling IPTV multicast, and multiple unicast IPTV network using IP Multimedia Subsystem and RTP (Real Time Protocol) on the transport protocol for sending data on a large number of recipients. Network modeling is done by using software simulation network simulator-2 (NS-2).
With the study analysis multicast IPTV and multiple IPTV are expected with lower demand Bandwidth. Efficiency intended Bandwidth allocation result includes the addition of users, codec rate, and capacity link on the IPTV network.
From test and analysis obtained the minimum average delay of 32.5999 ms for the measurements with bit rate 1024 kbps, 10 Mbps link capacity and the number of users 10 . Maximum jitter value of 1.35932, for the measurement of the number of users 10 and bit rate 128 kbps. Results are still under and also still in the maximum threshold by ITUT and Cisco, and concluded that this system is function properly, and multicast had more bandwidth efficiency than multiple unicast.
Keyword: Bandwidth, IP multicast, RTP, NS-2, IMS.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS PERBANDINGAN EFISIENSI BANDWIDTH PADA JARINGAN MULTICAST IPTV DENGAN JARINGAN MULTIPLE UNICAST IPTV
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TIMBUL BARATA SILALAHI
Perorangan
Ida Wahidah, Sofia Naning Hertiana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini