Aplikasi Pengukuran Denyut Jantung Janin Berbasis Ultrasonic Doppler Fetus monitor

Budiana Adiguna

Informasi Dasar

111058020
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Alat pendeteksi jantung janin (fetus Heart Detector) dengan menggunakan sensor ultrasonik doppler banyak digunakan dalam bidang medis dewasa ini. Alat ini sangat membantu dalam memantau perkembangan kesehatan janin pada ibu hamil dengan cara mendeteksi denyut janinnya selama selang waktu tertentu. Laju detak jantung janin memiliki standar-standar yang sudah disepakati sehingga dokter (petugas medis) bisa menganalisa kesehatan janin dan juga tindakan-tindakan yang harus diambil menjelang persalinan.
Alat penghitung denyut jantung janin sudah banyak tersedia dipasaran dengan bermacam-macam merek. Namun sayangnya alat ini masih berharga tinggi dan juga masih terlampau sederhana (hanya menampilkan denyut jantung janin saja) tanpa dilengkapi dengan sistem database. Untuk saat ini sistem komputerisasi sudah mulai digunakan di institusi kesehatan seperti rumahsakit dan tempat-tempat pelayanan kesehatan lainnya. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang mampu berintegrasi satu dengan yang lainnya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik
Pada tugas akhir ini telah dibuat perangkat lunak untuk pengukuran denyut jantung janin. Untuk pendeteksi sinyal (sensor) detak jantung, digunakan probe ultrasonik doppler 2,5 MHz BL-500B. Kemudian untuk menguatkan sinyal digunakan penguat isyarat kecil variabel 1-10 kali. Sinyal di inputkan ke komputer melalui microphone pada soundcard untuk proses pengolahan sinyal digital. Proses pengolahan sinyal terdiri dari program penampil sinyal, filter digital FIR windowing bandpass filter 9-39 Hz dengan transisi band 4 Hz. Untuk menghitung BPM (Beat Per Minutes) dilakukan dengan metoda rata-rata tegangan dan sinyal BPM didiagnosa menurut standar yang sudah ditetapkan.
Diharapkan dengan adanya alat ini akan mempermudah dalam memberikan informasi lebih kepada dokter (petugas medis) dalam menganalisa kesehatan ibu hamil dan janin. Juga dengan alat ini bisa digunakan dirumah dengan menggunakan komputer yang sudah ada tanpa harus sering ke dokter untuk memantau kondisi janin.Kata Kunci : fetus heart rate, microphone soundcard, ultrasonik doppler, digital filter FIRABSTRACT: Ultrasonic Doppler Fetus Heart Detector has use widely in medical observation. This tool is very useful for medical practitioner (doctor) to analyze the behavior of fetus in abdominal periodically by do exam in routine time. Fetal heart rate has own it’s standardization of health, so the doctor will know if the fetus is normal or not.
Ultrasonic doppler fetus detector has much available in the market with many brands. Unfortunately this tool is still expensive and too simple without database system. Meanwhile the computerize system growth fast now and use in medical institution such as hospital. So we need a system that integrated with the others to make the services better.
We had realized application for calculate fetus heart rate with Personal Computer. For detecting fetus signal we use ultrasonic Doppler sensor 2.5 MHz BL-500B. For gain the signal from probe, we used variable amplifier 1-10 times. The signal and then feed into computer through microphone soundcard for digital signal process purpose. It process begin with visual signal program, filter digital FIR windowing band pass filter 9-39 Hz with 4 Hz transition band. Average of Volts are the method that used to count BPM (Beats Per Minute) and then finally diagnostic’s program applied.
With this application, we hope it will help the doctor to give more information so the analyze is more accurate. This application can use not only in hospital but also in home by using their personal computer.
fetus heart rate, microphone soundcard, ultrasonik doppler, digital filter FIR windowing, beat perminutes
Keyword: fetus heart rate, microphone soundcard, ultrasonik doppler, digital filter FIR

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

Aplikasi Pengukuran Denyut Jantung Janin Berbasis Ultrasonic Doppler Fetus monitor
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Budiana Adiguna
Perorangan
Achmad Rizal, Usman B. hanafi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini