ANALISIS ALGORITMA PEGASIS PADA JARINGAN SENSOR NIRKABEL

STEPHANIE ARIEF PUSPITA

Informasi Dasar

111051089
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Wireless Sensor Network (WSN) atau jaringan sensor nirkabel adalah suatu infrastruktur jaringan nirkabel yang terdiri dari sekumpulan node sensor yang disebar di suatu area tertentu, dengan tujuan untuk memonitor dan mengontrol area sensor tersebut. WSN menjadi sesuatu yang penting agar didapatkan jaringan sensor yang memiliki kemampuan operasinal yang efisien serta performansi yang baik. WSN telah menjadi suatu fenomena di dunia industri maupun akademis. Teknologi WSN merupakan suatu penghubung antara lingkungan fisik dan dunia dijital.
Pada WSN terdapat beberapa masalah pada simulasinya, salah satunya adalah masalah perfomansi. Perfomansi akan bagus jika QoS pada jaringan mempunyai nilai yang juga bagus. Nilai QoS yang baik dapat dilihat dari throughput yang tinggi serta delay dan retransmisi yang kecil.
Pada tugas akhir ini QoS dianalisa dengan menggunakan algoritma PEGASIS (Power Efficient Gathering in Sensor Information System). PEGASIS adalah algoritma berdasarkan sambungan rantai yang paling dekat. Simulasi ini dilakukan dengan software NS2 (Network Simulator 2) dan analisa perfomansi topologi jaringan menggunakan parameter throughput, delay, dan retransmisi.Kata Kunci : wireless sensor network, algoritma PEGASIS.ABSTRACT: Wireless Sensor Network (WSN) is a wireless infrastructure network that consists of a group of node sensors placed in a specific area, for monitoring and control that area. It became important so a network sensor has efficient operational cost and good performance. WSN, a technology that bridge real world with digital, is a phenomenon in the industry either academic practice.
Still, there are problems in WSN which need further research, one of it is performance. Network performance is based on QoS that depends on good networks. Good performance indicated with a high value of throughput and low value of delay and retransmission.
This research was analyzed QoS using PEGASIS (Power Efficient Gathering in Sensor Information System) algorithm. PEGASIS is an algorithm that counts based on the closest chain connection. Simulation was done using NS2 (Network Simulator 2) and analyzing topology performance with the following parameter: throughput, delay, and retransmition.
Keyword: Wireless Sensor Network, PEGASIS algorithm.

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

ANALISIS ALGORITMA PEGASIS PADA JARINGAN SENSOR NIRKABEL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

STEPHANIE ARIEF PUSPITA
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini