IMPLEMENTASI SISTEM ROUTING MENGGUNAKAN ANT ALGORITHM ANTAR LOCAL AREA NETWORK

I PUTU ANGGARA

Informasi Dasar

111051023
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Saat ini perkembangan jaringan komputer sangatlah pesat. Komunikasi antar perangkat terjadi melalui pertukaran data-data yang dilewatkan ke jaringan. Data-data dari device yang terhubung ke jaringan dikirim dalam bentuk datagram, yaitu paket data yang didefinisikan oleh protokol-protokol dalam jaringan. Dengan jaringan yang demikian kompleksnya, maka kecepatan sangatlah diperlukan dalam pengiriman data. Selain itu juga berusaha untuk mendapatkan throughput yang optimal serta packet loss yang seminimal mungkin. Untuk itulah diperlukan suatu metode routing yang ideal agar pemilihan rute untuk paket yang dikirim bisa optimal.
Salah satu metode routing yang bisa dijadikan solusi untuk mengoptimalkan pemilihan rute pengiriman paket data yaitu Ant Routing System. Sistem routing ini menggunakan suatu algoritma yang dinamakan Ant Algorithm yang diinspirasikan oleh perilaku koloni semut dalam mencari jalur yang terpendek dalam mencari makanan. Hal serupa juga dibutuhkan oleh sebuah data untuk mendapatkan jalur yang terpendek dalam jaringan untuk sampai ke tujuan. Algoritma ini juga memilki kemampuan untuk beradaptasi terhadap perubahan dalam jaringan yang dinamis. Hal ini dimungkinkan karena sebelumnya jaringan telah dieksplorasi oleh agent-agent dengan penggunaan jejak artificial pheromone pada jalur dan akhirnya ditentukan jalur-jalur terpendek yang bisa digunakan untuk optimasi routing.
Dalam Tugas Akhir akhir ini diimplementasikan metode routing dengan Ant Algorithm untuk perutingan yang lebih efektif dalam mengoptimalkan throughput dan meminimalisasi packet loss serta membandingkan dengan metode routing yang lain pada perutingan antar Local Area Network.Kata Kunci : Ant Routing System, Ant Algorithm, agent, artificial pheromone.ABSTRACT: Nowaday, the computer networks are growth rapidly. Communications between devices are happen through the exchanging data that flow in the network. Data from devices that connected to the network are sent as datagram, the data packet that is defined by protocols in the network. Complexity of the network needs for speed in the process of sending data. In other case, getting optimal throughput and minimal packet loss are necessary. Because of that reason, the method for ideal routing to find the best route and optimal in the sending packet are needed.
One of the routing methods that can be solution to optimalize the routing of sending data is Ant Routing System. This routing method using algorithm called Ant Algorithm that is inspired by ant colony behaviour to choose the best way in the process finding foods. As same as the ant colony, sending data has the same problem to find the best path from source to the destination. This algoritm has the ability to adapt the changes that could happen in the dynamic network. This is possible because the network is explored by the agents that use the artificial pheromone in path and finally the best path for routing are choosed.
In this Tugas Akhir will be implemented the routing method with Ant Algorithm for more effective routing in the case for optimalize throughput and minimalize packet loss and to compare with another routing method in the routing process between Local Area Network.Keyword: Ant Routing System, Ant Algorithm, agent, artificial pheromone.

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM ROUTING MENGGUNAKAN ANT ALGORITHM ANTAR LOCAL AREA NETWORK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I PUTU ANGGARA
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Agus Ganda Permana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini