IMPLEMENTASI SISTEM SORTIR BARANG DENGAN MENGGUNAKAN DUA CONVEYOR TERINTEGRASI BERBASIS PLC OMRON CPM2A

VIOLETA CINTYA DEWI

Informasi Dasar

111051022
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada tugas akhir ini dibuat suatu miniatur sistem sortir barang yang akurat. Sistem sortir ini akan menggunakan parameter ketinggian dan warna barang yang dapat dideteksi melalui sensor yang terdapat pada dua conveyor terintegrasi. Proses sortir barang merupakan sebuah proses yang bertujuan untuk memisahkan barang yang tidak sesuai dengan kriteria dari barang yang sudah sesuai dengan kriteria kita.
Parameter yang dapat dipakai untuk menentukan performansi sistem sortir ini diantaranya yaitu delay dalam proses pendeteksian barang harus kurang dari sepuluh detik dan persentase error (banyaknya barang yang lolos padahal barang tersebut tidak memenuhi kriteria yang diharapkan) kurang dari 5%. Untuk mengukur parameter ini, dilakukan secara manual yaitu dengan menghitung langsung barang yang lolos padahal barang tersebut tidak memenuhi kriteria dan pengamatan langsung delay proses eksekusi program PLC.
Berdasarkan data penelitian, didapatkan tingkat akurasi conveyor pertama sebesar 100%. Sedangkan untuk conveyor kedua didapatkan tingkat akurasi sebesar 83% yang disebabkan ketidakakuratan sensor dalam mendefinisikan warna menjadi nilai RGB. Namun untuk keseluruhan sistem, didapatkan tingkat akurasi 95%. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk eksekusi program PLC adalah 0,217 msKata Kunci : conveyor, PLC, sensorABSTRACT: In this final project, I design and implement an accurate sorting system miniature. This system will sort product based on its height and colour that can be detected by height and colour sensor on both integrated conveyor. Sorting system is a process that can classified product based on criteria that we have already set – product that do not match the criteria will be rejected.
The performance parameters of this sorting system are delay in product detection must be less than ten seconds and error percentage (percentage of ) must be less than 5%. Parameter measurement will be held by counting product that and observing PLC program execution delay.
Based on research data, accuracy of first conveyor is 100%. While accuracy for second conveyor is only 83% which is caused by the sensor inaccuracy in transform colour into RGB. But the whole system accuracy is 95%. And PLC program execution time is 0,217 ms.Keyword: conveyor, PLC, sensor

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM SORTIR BARANG DENGAN MENGGUNAKAN DUA CONVEYOR TERINTEGRASI BERBASIS PLC OMRON CPM2A
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

VIOLETA CINTYA DEWI
Perorangan
M ARY MURTI ., PORMAN PANGARIBUAN .
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini