Analisis Pengaruh Topologi Jaringan Terhadap Parameter QoS

Gibran

Informasi Dasar

111050239
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Quality of Service (QoS) merupakan hal penting yang harus diperhatikan dalam suatu layanan komunikasi real-time pada jaringan IP yang sensitif terhadap kondisi jaringan seperti video streaming. Perkembangan jaringan IP yang begitu cepat menuntut tersedianya aplikasi yang mampu menjamin QoS terhadap layanan yang bersifat real-time.

Topologi jaringan adalah bagian yang menjelaskan hubungan antar node yang dibangun berdasarkan kegunaan, keterbatasan resource dan keterbatasan biaya, berarti topologi-topologi jaringan yang ada bisa disesuaikan dengan keadaan di lapangan. Topologi yang berbeda dapat menghasilkan nilai parameter QoS yang berbeda pula, mengingat topologi yang berbeda dapat menghasilkan routing paket yang berbeda pula.

Pada Tugas Akhir ini, dibandingkan QoS melalui simulasi jaringan MPLS dengan menggunakan tujuh router MPLS dan 12 link dengan pada lima topologi yang berbeda. Ditinjau dari hasil throughput, delay, packet loss, dan jitter yang didapat dari simulasi menggunakan PC Router Dynamips, diketahui perubahan topologi jaringan tidak memberikan perbedaaan yang signifikan pada parameter QoS dari video streaming, namun jumlah hop yang dilakukan dapat mempengaruhi nilai QoS yang didapat.

Kata Kunci : MPLS, topologi, video streaming, real-timeABSTRACT: Quality of Service (QoS) is an important thing that should be noticed in real-time communication services which have sensitivity of link state condition, such as video streaming. Rapid development of IP networking system demands application that could guarantee QoS standard on real-time services.

Network topology is the part that explains relation among nodes based on utility, limited resource and limited budget, which means created topology can be adapted to real area condition. Different topology can produce different QoS parameter result, considering that different topology can cause different packet routing.

In this Final Assignment, QoS parameters are compared from some network topologies based on MPLS network simulation with 7 routers and 12 links on 5 different topologies. Based on QoS parameters (delay, throughput, packet loss, and jitter) measured by Dynamips PC Router, it is concluded that changing topology doesn’t have significant influence on QoS parameters of video streaming, but hop count to destination can influence QoS resultKeyword: MPLS, topology, video streaming, real-time

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis Pengaruh Topologi Jaringan Terhadap Parameter QoS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Gibran
Perorangan
Asep Mulyana, Leanna Vidya Yovita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini