Analisis Performansi Handover pada Transmisi IPTV over Mobile Wimax

ruli mahendra

Informasi Dasar

111050223
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Permintaan akan layanan yang menuntut bandwidth dan data rate tinggi semakin banyak, hal tersebut tidak terlepas dari konten yang ditawarkan semakin beragam. IPTV datang sebagai salah satu teknologi multimedia yang menuntut akan ketersediaan bandwidth dan data rate yang tinggi. Oleh karena itu dibutuhkan jaringan yang menyokongnya untuk tetap dapat memenuhi tuntutan parameter-parameter minimum yang dibutuhkan oleh IPTV. Karena IPTV berbasis IP dan berfungsi menghantarkan sebagian besar video streaming maka ada kondisi-kondisi tertentu yang mana jaringan konvensional agak kesulitan dalam memenuhinya.
Karena tuntutan yang demikian maka salah satu solusi yang ditawarkan adalah penggunaan jaringan wimax yang telah disertifikasi dan dapat berkolaborasi dengan teknologi IP. Diantara beberapa standar wimax yang telah ditetapkan salah satunya adalah mobile wimax dengan standard IEEE 802.16e. Standard ini dirancang untuk kebutuhan mobile dimana perangkat dapat melakukan komunikasi dalam keadaan bergerak.
Seperti pada kebanyakan komunikasi mobile yang memiliki kendala pada saat handover maka pada mobile wimax juga terjadi hal yang demikian. Oleh karena itu pada penelitian ini dianalisis performansi jaringan yang dilalui IPTV ketika terjadi proses handover.
Dari hasil simulasi dan analisis didapatkan bahwa secara umum layanan IPTV akan buruk selama rentang waktu handover. Nilai QoS yang paling bagus diperoleh pada simulasi 1_SS(jumlah SS hanya 1) dengan keceptan 10 km/jam. Nilai yang didapat untuk throughput sebesar 7.003 Mbps, packet loss sebesar 15.56%, delay sebesar 38.9 ms, jitter sebesar 4.32x10-5 serta application delay sebesar 12 s. Tentu saja nilai-nilai tersebut masih di bawah standard IPTV yang menggunanakan MPEG-2 sebagai codec.Kata Kunci : : mobile wimax, IPTV, handoverABSTRACT: The demand for service which requires large bandwidth and high data rate becomes increasing, it is because the offered service becomes more vary. IPTV is one of multimedia technology that requires the readiness of large bandwidth and high data rate. Because of these requirements, it needs a steady network to support in fulfilling the minimum parameter requirements for IPTV. Because IPTV is IP base and has functionality in delivering large number of video streaming, so that the conventional networks experience difficulties.
Because of the high demand in bandwidth and data rate, one of the solutions offered is the using of wimax network which has been certified and collaborate with IP technology. Among some wimax standards is mobile wimax which is certified in IEEE 802.16e standard. This standard is designed to the requirements of mobility where the appliance can communicate when moving. Like many other mobile communication which has problem when handover, in mobile wimax is the same. So that, the research will analyze network performance with IPTV as service when handover.
By the result of simulation and analysis can be stated that generally IPTV service will be worse when interval handover process. The best value for throughput is 7.18 Mbps, packet loss is 13.4%, delay is 38.9 ms, jitter is 4.14x10-5, and application delay is 12 s. The values of QoS which are stated above generally are still unsatisfying IPTV service which uses MPEG-2 as codec. Then, the experience will be bad when handover process.Keyword: mobile wimax, IPTV, handover

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis Performansi Handover pada Transmisi IPTV over Mobile Wimax
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ruli mahendra
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Agus Ganda Permana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini