DESAIN DAN IMPLEMENTASI HANDHELD SEBAGAI ALAT PENGAMBIL DATA PADA KWH METER DENGAN KOMUNIKASI WIRELESS RF BERBASIS MIKROKONTROLER

YATNA SUPRIYATNA

Informasi Dasar

111050203
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem pembacaan KWH meter saat ini masih dilakukan secara konvensional dengan memanfaatkan tenaga manusia yaitu secara door to door. Pada saat pencatatan dilakukan petugas PLN diharuskan untuk mendatangi rumah setiap pelanggan. Jika rumah yang didatanginya sedang tidak ada penghuninya maka proses pencatatan tidak dapat dilakukan karena pada umumnya KWH meter diletakkan di dalam rumah pelanggan. Data yang diambil atau dicatat juga sangat mungkin tidak sesuai dengan counter pada KWH meter. Dari permasalahan tersebut maka dibutuhkan suatu sistem baru yang digunakan dalam proses pencatatan data pada KWH meter.
Pada penelitian tugas akhir ini dilakukan perancangan dan implementasi handheld yang mampu membaca data pada KWH meter secara wireless serta aplikasi database untuk pelanggan PLN. Handheld ini terdiri dari mikrokontroler ATMega 8535 sebagai komponen utama, modul RF (radio frequency) untuk komunikasi wireless, EEPROM sebagai memori ekternal untuk menyimpan data pelanggan PLN, keypad dan LCD yang digunakan untuk antarmuka antara petugas dan handheld. Hasil pencatatan handheld kemudian dimasukkan ke dalam database PLN untuk dilakukan perhitungan pemakaian daya KWH meter.Kata Kunci : KWH meter, mikrokontroler ATmega 8535, Modul RF, Handheld, database.ABSTRACT: At this time, KWH meters recording system is still carried out by using manpower in the door to door. At the time of the recording is done, officer PLN will be required to come each home customers. If home owners are away, the recording process can not be done because, in general, KWh meters are placed in the home customers. The data that are recorded are also maybe not in accordance with counter in KWH meters. Therefore, the required a new system that is used in the process of recording data on the KWH meters.
At the research of final project the designing and implementation of handheld that capable to record the data on KWH meters wirelessly and database application for PLN customers. The handheld consists of microcontroller AVR ATmega8535 as the main component, RF (radio frequency) module for wireless communication, EEPROM 24C256 as external memory to store data PLN customers. Keypad and LCD are used to interface between the officers PLN and the handheld. The recording results in the handheld are entered to the database to be done the calculation for discharging KWH meters power.Keyword: KWH meter, microcontroller ATmega 8535, Module RF, Handheld, database.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI HANDHELD SEBAGAI ALAT PENGAMBIL DATA PADA KWH METER DENGAN KOMUNIKASI WIRELESS RF BERBASIS MIKROKONTROLER
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

YATNA SUPRIYATNA
Perorangan
M .RAMDHANI , Angga Rusdinar
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini