APLIKASI INTERACTIVE VOICE RESPONE ( IVR ) DALAM SISTEM INFORMASI AKADEMIK

GALIH PRIBADI

Informasi Dasar

111050194
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Kebutuhan akan layanan pada dunia telekomunikasi saat ini sangatlah berkembang. Seiring dengan itu kebutuhan akan sumber informasi juga meningkat. Pada saat ini penyebaran Informasi akademik di Institut Teknologi Telkom menggunakan cara menempelkan pengumuman di lokasi-lokasi tertentu dan melalui jaringan internet. Sedangkan tidak semua tempat tinggal mahasiswa terkoneksi dengan jaringan internet dan untuk melihat pengumuman yang ditempel mahasiswa harus mengantri cukup lama. Oleh karena itu dirancang sebuah sistem informasi dengan menggunakan jaringan telepon untuk mempermudah mahasiswa memperoleh informasi akademik.
Dengan memasang dialogic card pada komputer (PC), diharapkan dapat mengaplikasikan teknologi IVR(Interactive Voice Respone). IVR adalah salah satu aplikasi dari dialogic card yang dapat mendeteksi frekuensi sinyal angka pada telepon yang berfungsi untuk menghubungkan telepon pengguna dengan sistem informasi akademik secara otomatis hanya dengan menekan nomor-nomor tertentu yang telah disediakan dimana penelpon pengguna akan dipandu oleh suara (operator) sehingga dapat mengakses informasi akademik dengan mudah.
Oleh sebab itu, pengembangan teknologi IVR diarahkan pada pengintegrasian penyebaran informasi akademik yang telah ada di IT Telkom, dengan frekuensi sinyal angka yang ditekan pada telepon berteknologi DTMF.Kata Kunci : CTI, IVR, Dialogic Card, STDIK, DTMF, Data Flow Diagram (DFD),ABSTRACT: The needs of telecommunication service increase rapidly. Moreover, the needs of information resource increase too. Nowadays, the academic information in Telkom Institute of Technology is distributed by two basic ways which are by using announcement board or through internet network. The problem is the internet connection is not available in every single place and requires plenty of time queuing at the announcement board. Therefore, an information system based on telephone network is built to provide the academic information needs.
IVR (Interactive Voice Respone) can be applied by attaching dialogic card at personal computer (PC). IVR is one of the dialogic card application that can detect the fequency of telephone numeral signal which is used to connect user to the academic information system automatically by pressing certain number. User will be guided by an operator in such a way that they can access the information compatability.
On that account, IVR technology development is directed to the integration way of academic information distribution which is preesxistent in Telkom Institute of Technology, by detecting the frequency of numeral signal which has been pressed on telephone with DTMF technology.Keyword: CTI, IVR, Dialogic Card, STDIK, DTMF, Data Flow Diagram (DFD),

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

APLIKASI INTERACTIVE VOICE RESPONE ( IVR ) DALAM SISTEM INFORMASI AKADEMIK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GALIH PRIBADI
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini