PENINGKATAN KEAMANAN SKEMA ENKRIPSI BAKER MAP DENGAN MENGGUNAKAN DIFUSI BERBASIS PSEUDORANDOM NUMBER GENERATOR PADA APLIKASI ENKRIPSI CITRA

ASTRI NURHAENI

Informasi Dasar

111050155
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada tugas akhir ini akan digunakan algoritma Baker Map untuk mengenkripsi citra digital. Karena algoritma ini dapat memenuhi syarat yang bisa dikategorikan bagus dalam segi keamanan, dan cepat dalam waktu enkripsinya. Tetapi ada satu kekurangan dalam penelitian sebelumnya yang juga menggunakan algoritma Baker Map, yaitu avalanche effect-nya yang masih rendah, sehingga dapat dengan mudah di-crack. Tujuan dalam tugas akhir ini adalah peningkatan performansi avalanche effect-nya. Yaitu dengan membangkitkan kunci enkripsinya menggunakan PseudorandomNumber Generator (PRNG).
Langkah awal yang akan dilakukan untuk pembangkitan kunci Baker Map ini adalah dengan membaca citra dan jumlah iterasi Baker Map, dicapture dan dicropping sesuai dengan ukuran yang sudah ditentukan, lalu kunci Baker Map tersebut dibangkitkan, selanjutnya kunci yang sudah dibangkitkan sebelumnya, dibangkitkan kembali dengan PRNG. Kemudian dilakukan iterasi, dilanjutkan dengan dilakukannya algoritma Baker Map yang dibangkitkan kembali menggunakan PRNG. Bila iterasi telah dilakukan semua, maka enkripsi selesai. Bila belum kembali dilakukan algoritma Baker Map. Setelah dilakukan enkripsi, bisa dilanjutkan dengan pendekripsian.
Setelah citra selesai dienkripsi dan didekripsi dengan menggunakan difusi berbasis Pseudorandom Number Generator, disimpulkan adanya peningkatan performansi avalanche effect sebesar 49% dibandingkan pada algoritma Baker Map yang hanya 0.0015%.
Kata Kunci : Pseudorandom Number Generator, avalanche effect, Baker MapABSTRACT: This final project using Baker Map algorithm to encrypt digital image, because this algorithm fulfill the requirement that can be categorized as good in term of security and fast in time of encrypting. But, there is one weakness in the previous research that using Baker Map, its avalanche effect still low so it can easily being cracked. The objective of this final project is to improve avalanche effect performance by generating its encryption key using Pseudorandom Number Generator (PRNG).
First step to generate this Baker Map key is by reading its image and iteration number, captured and cropped based on determined size, then those Baker Map key being generated and then being generated again by PRNG. Next step is doing iteration continued by doing Baker Map algorithm that is being regenerated by using PRNG. If all the iteration have finished, then the encryption is finished. If not, then redo the Baker Map algorithm. After encrypting, then continue with decrypting.
After the image finished being encrypted and decrypted by using diffusion based on Pseudorandom Number Generator, concluded that there is an improvement of avalanche effect performance which about 49% compared Baker Map algorithm which is only 0.0015%.
Keyword: Pseudorandom Number Generator, avalanche effect, Baker Map

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PENINGKATAN KEAMANAN SKEMA ENKRIPSI BAKER MAP DENGAN MENGGUNAKAN DIFUSI BERBASIS PSEUDORANDOM NUMBER GENERATOR PADA APLIKASI ENKRIPSI CITRA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ASTRI NURHAENI
Perorangan
Koredianto Usman, Danang Mursita
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini