DESAIN DAN IMPLEMENTASI METODE GABUNGAN CAT MAP DAN BAKER MAP UNTUK PENINGKATAN SEKURITAS PADA ENKRIPSI CITRA DIGITAL

RIFA HAFSAHTIARNI

Informasi Dasar

111050146
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan ilmu pengetahuan yang sangat pesat dewasa ini menyebabkan informasi menjadi barang yang sangat berharga. Oleh karena itu, perlu dilakukan perlindungan terhadap informasi dengan berbagai cara. Salah satu metode yang digunakan adalah enkripsi, dimana informasi dibuat sedemikian rupa agar tidak dapat dibaca atau diketahui oleh orang lain yang tidak diinginkan.
Pada citra digital terkandung data yang sangat besar dan tingginya korelasi antar piksel, maka tidak semua metode enkripsi tradisional dapat diterapkan pada citra digital dikarenakan proses yang lambat sehingga kurang optimal. Karena alasan inilah sehingga dibutuhkan metode enkripsi yang baru, yang dapat memenuhi syarat baik dari segi keamanan dan waktu untuk pengacakan data pada image tersebut. Algoritma yang digunakan adalah algoritma Cat Map dan Baker Map.
Hasil dari implementasi sistem ini adalah bagaimana sistem ini mampu mengenkripsi citra dengan tingkat keamanan yang tinggi dan waktu proses yang masih cukup cepat. Dari percobaan untuk masing-masing metode enkripsi pada citra berukuran 800 × 800 pixel diperoleh waktu proses enkripsi untuk algoritma gabungan Cat Map-Baker Map adalah 12,656 detik, sedangkan untuk algoritma Baker Map jauh lebih cepat yaitu selama 0,272 detik.
Untuk memecahkan kunci dari algoritma Cat Map, Baker Map, gabungan Cat Map-Baker Map, DES dan RSA dengan menggunakan brute force attack (spesifikasi komputer sesuai dengan milik penulis) pada sistem dengan citra input ukuran 128×128 pixel. Untuk algoritma Cat Map membutuhkan waktu selama 1,499x10-5 tahun, untuk algoritma Baker Map membutuhkan waktu selama 9,909x1021 tahun, untuk algoritma DES membutuhkan waktu selama 1,341x1014 tahun, untuk algoritma RSA membutuhkan waktu selama 0,569 tahun, sedangkan untuk algoritma gabungan Cat Map-Baker Map membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu selama 2,289x1026 tahun.Kata Kunci : chaotic-map, Arnold’s cat map, baker map, enkripsi citra.ABSTRACT: Science is evolving rapidly this recently, thus makes information becomes the most valuable thing. People then try to protect it in many different methods. One of the methods is encrypting the information, so that it would not be able to read by others.
One type of information is digital image, which many information/data are within it. Pixels are highly correlated in digital image, so that not all encryption methods can be applied for digital image due to its optimization in regards of time consumption and security. For these reasons, new encryption methods need to be developed. In this final task Cat Map and Baker Map algorithm is used for encrypting digital image.
Output of this final task is building a system that could encrypt digital image with a high security and optimum time consumption. Based on the experiments applied to 800×800 pixels image, Combined Cat Map-Baker Map needs 12.656 seconds, and Baker Map is the fastest with 0.272 seconds to complete.
This final task also demonstrate on how to break Cat Map, Baker Map, Combined Cat Map-Baker Map, DES and RSA using brute force attack algorithm (run using specified PC owned by the author) applied to 128×128 pixels image. For deciphering encrypted image generated by Cat Map algorithm, the brute force attack algorithm needs 1.499×10-5 year. It needs 9.909×1021 years for Baker Map algorithm, 1.341×1014 years for DES algorithm, 0.569 year for RSA algorithm, and 2.289×1026 years for Combined Cat Map-Baker Map algorithm which means that this algorithm provide the best security among them.Keyword: chaotic-map, Arnold’s cat map, baker map, digital image encryption.

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

DESAIN DAN IMPLEMENTASI METODE GABUNGAN CAT MAP DAN BAKER MAP UNTUK PENINGKATAN SEKURITAS PADA ENKRIPSI CITRA DIGITAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RIFA HAFSAHTIARNI
Perorangan
Koredianto Usman, Utari Wijayanti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini