ANALISIS ALGORITMA DECORRELATOR UNTUK MENGATASI MULTIPLE ACCESS INTERFERENCE (MAI)PADA UMTS AIR INTERFACE (WCDMA)

DEWI IRIANTI

Informasi Dasar

111050136
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Universal Mobile Telecomunication System (UMTS) adalah sebuah generasi ketiga (3G) dari system komunikasi bergerak yang dirancang untuk mendukung jangkauan aplikasi yang bervariasi, dengan tampilan Quality of Service (QOS) yang berbeda-beda. Interface udara dari UMTS yang berbasis pada Code Division Multiple Access (CDMA) ini memiliki kemampuan transmisi menggunakan wideband (pita lebar) dan laju data yang tinggi pada layanan multimedianya, disebut Wideband CDMA (WCDMA).
Karena menggunakan konsep dasar CDMA pada multi user, maka gangguan yang sering terjadi adalah Multiple Access Interferensi (MAI) yang di akibatkan oleh penggunaan satu frekuensi secara bersama-sama . Dengan adanya MAI, maka akan berakibat buruk pada performansi WCDMA itu sendiri, yang secara tidak langsung akan menurunkan nilai QoS-nya.
Untuk memberikan QoS yang lebih baik, serta performansi jaringan yang lebih tinggi, tugas akhir ini mengunakan teknik Multiuser Detection (MUD) berupa algoritma Decorrelator. Suatu algoritma dengan tingkat pengerjaan yang tidak terlalu kompleks, namun dengan kinerja yang baik. Informasi menegnai kekuatan daya tiap user tidak diperlukan sebagai parameternya, sehingga performansinya independen terhadap daya user yang menginterfensi karena hanya terfokus pada user tertentu.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menggunakan algoritma Decorrelator di sisi penerima, akan memberikan perbaikan terhadap performansi WCDMA, baik dalam SNR maupun pencapaian nilai BER. Perbaikan maksimal yang didapat mencapai BER nol (0) untuk single user pada kasus perbedaan kecepatan dan perbaikan BER sebesar 46,62% untuk kasus pertambahan jumlah user. Selain itu, penggunaan kanal yang hanya bersifat AWGN juga memberikan nilai BER yang lebih baik jika kanal juga terpengaruh oleh rayleigh fading dan tak dapat dielakkan juga bahwa pemilihan kode penebar yang tepat akan meningkatkan performansi system karena orthogonalitas dari kode tersebut dapat mengurangi efek MAI.
Kata Kunci : UMTS, WCDMA, RRM, Algoritma DeccorelatorABSTRACT: Universal Mobile Telecommunication System (UMTS) is third generation (3G) from mobile communication system which is planed for supporting variety of application coverage in different Quality of Service (QOS). UMTS air interface base on Code Division Multiple Access (CDMA) has capable to transmit data using high bit rate and wideband in multimedia service, called Wideband Code Divison Multiple Access (WCDMA)
Base on multiuser CDMA concept made some interferes will be happened, like Multiple Access Interference (MAI). It is caused by using the same frequency at he same time. MAI gives bad effect in WCDMA performance it self, specially decreasing QOS value indirectly.
Right management on WCDMA system will be needed for giving better network performance and higher QOS. In this final task, writer use Multiuser Detection (MUD) technique. Decorrelator algorithm is one of MUD tools with high performance, but without hard complexity. It is also no need information on power level for each user as parameter. Focus in specific user made Decorrelator to be independent performance for other users who as a interference.
The research result shows that in using Decorrelator for receiver side, it gives BER and SNR improvement than only using konvensional receiver in WCDMA performance. Maximal improvement happen when BER value is zero (0) for single user in case speed differentiation and 46,62% improvement in case different active users. Beside, only using AWGN than Rayleigh fading canal gives BER improvement in WCDMA performance. Lately, right spreading code election will improve performance system because MAI effect can be decreased by orthogonality of spreading code which is used
Keyword: UMTS, WCDMA, RRM, Deccorelator algorithm

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS ALGORITMA DECORRELATOR UNTUK MENGATASI MULTIPLE ACCESS INTERFERENCE (MAI)PADA UMTS AIR INTERFACE (WCDMA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DEWI IRIANTI
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Arfianto Fahmi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini