PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANTENA MIKROSTRIP LINEAR ARRAY 6 ELEMEN UNTUK FREKUENSI BWA DUAL-BAND 2,4 GHZ DAN 3,3 GHZ

Didik Eka Kurniawan

Informasi Dasar

111050095
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Antena merupakan suatu perangkat yang memiliki peranan yang sangat penting dalam sistem komunikasi tanpa kabel (wireless). Antena secara umum berfungsi sebagai pengubah gelombang terbimbing yang dilewatkan pada saluran transmisi menjadi gelombang ruang bebas dan sebaliknya. Karakteristik antena mikrostrip tunggal di antaranya memiliki bandwidth yang sempit, efiesiensi serta gain yang kecil menjadikannya lebih popular untuk dirancang menjadi antenna susunan.

Pada prinsipnya antena mikrostrip memiliki karakteristik dengan bandwidth yang sempit. Salah satu teknik untuk memperlebar bandwith yaitu dengan menggunakan teknik array. Selain pelebaran bandwidth, teknik array juga dapat meningkatkan gain antena.

Antena yang akan dirancang memiliki aplikasi W-LAN (Wireless-Local Area Network) yang mempunyai range wilayah frekuensi antara 2.400 MHz – 2.483,5 MHz. Antena ini juga diharapkan akan bekerja dengan baik untuk frekuensi BWA (Broadband Wireless Access), salah satu aplikasinya adalah WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access). Untuk WiMAX, antena ini diharapkan bekerja pada frekuensi dual-band 2,4 GHz dan 3,3 GHz dengan range frekuensi 2.300 MHz – 2.490 MHz dan 3,3 GHz -3,5 GHz.

Pada tugas akhir ini akan dirancang antenna mikrostrip linear array 6 elemen dengan polarisasi sirkular dan beroperasi pada frekuensi dual band 2,4 GHz dan 3,3 GHz. Pada antenna ini, semua elemen akan dicatu oleh saluran mikrostrip dengan menggunakan teknik mikrostrip line di mana pencatuan dilakukan dengan cara menghubungkan line pencatuan dengan patch, dimana patch dan line pencatuan menggunakan bahan yang sama Untuk memperoleh parameter hasil rancangan maka digunakan software Ansoft HFSS 9.2 yang nantinya didapatkan modifikasi yang tepat agar bias beroperasi pada daerah frekuensi kerja yang diinginkan.

Kata Kunci : mikrostrip, array, dual-band, BWAABSTRACT: Antenna is a device that has very important benefit in the system communication without cable (wireless). Generally antenna has a function as a modifier guide wave passed in transmission line become free space wave and reverse. The characteristics of single microstrip antenna in between it have a narrow bandwidth, small efficiency, and small gain becomes it more popular to be designed to array antenna.

In the principal, microstrip antenna has characteristic with a narrow bandwidth. One of technique to make a wide bandwidth is by using array technique. Beside width bandwidth, array technique can also increase gain of antenna.

Antenna will designed has application W-LAN (Wireless-Local Area Network) has range frequency 2.300 MHz – 2.483,5 MHz. This antenna is also hoped will work well for frequency BWA (Broadband Wireless Access), one of the application is for WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access). For WiMAX, this antenna is hoped can work in dual band frequency 2,4 GHz and 3,3 GHz with range frequency 2.300 MHz-2.483,5 MHz. and 3,3 GHz-3,5 GHz.

In this Final Task will be designed an array linear microstrip antenna 6 elements with circular polarization and works in dual band frequency 2,4 GHz and 3,3 GHz. In this antenna, all elements will be distributed by microstrip line by using microstrip line technique where the ration is done by connecting ration line with patches, where patches and ration line use the same material. To get the parameter of design result so used Ansoft HFSS 9.2 software then gotten right modification in order to work in range frequency wanted.

Keyword: microstrip, array, dual-band, BWA

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANTENA MIKROSTRIP LINEAR ARRAY 6 ELEMEN UNTUK FREKUENSI BWA DUAL-BAND 2,4 GHZ DAN 3,3 GHZ
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Didik Eka Kurniawan
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini