PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANTENA MICROSTRIP DUAL BAND MENGGUNAKAN RECTANGULAR PATCH PADA FREKUENSI KERJA 2.4 GHz DAN 3.5 GHz

DIAH PUTRIANDRIANI

Informasi Dasar

111050043
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Broadband Wireless Access ( BWA ) merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar yang memiliki kecepatan akses yang tinggi. Untuk menunjang teknologi tersebut dibutuhkan antena yang memiliki karakteristik yang dapat menerima frekuensi yang lebar (wideband) dan sekaligus ringkas. Salah satu jenis antena yang dapat menunjang teknologi tersebut adalah antena mikrostrip dual band yang memiliki beberapa keunggulan terutama pada rancangan antenanya yang tipis, kecil, ringan, dan dapat bekerja dual frekuensi.
Pada Tugas Akhir ini dirancang dan direalisasikan antena dengan menempatkan antena mikrostrip double rektanglar patch yang disusun secara stacked pada frekuensi kerja 2,4 GHz untuk teknologi WLAN dan 3,5 GHz untuk teknologi WiMAX. Dengan disusun secara stacked, antena mikrostrip memiliki bentuk yang lebih kecil dan kompak. Teknik pencatuan menggunakan probe koaksial.
Prototipe antena ini menghasilkan karakteristik antena yang bekerja pada frekuensi tengah 2,441 GHz dengan bandwidth sebesar 41 MHz dan pada frekuensi tengah 3,6 GHz sebesar 102 MHz untuk nilai VSWR dibawah 2. Pola radiasi antena adalah uni-direksional serta polarisasinya berbentuk elips mendekati linier. Gain yang dicapai untuk masing- masing antena sebesar 14,95 dBi dan 14,42 dBi.
Kata Kunci : mikrostrip, dual band, stacked, broadband wireless accessABSTRACT: Broadband Wireless Access ( BWA ) is a wireless access technology that has broadband high speed access. To support that technology, it requires an antenna which has characteristic that can accept a wideband frequency. One kind of that antenna is dual band microstrip antenna which has some advantages like thin, small, compact, and can work in dual frequency.
In this final project, it is designed and realized a stacked double rectangular patch microstrip antenna at operation frequency 2,4 GHz for WLAN technology and 3,5 GHz for WiMAX technology. Stacked microstrip antenna has a tiny and compact model and it can work in dual frequency. Probe technique is used for feeding microstrip patch antennas.
This antenna prototype can obtain an antenna characteristic which works on 2,441 GHz resonant frequency with 41 MHz bandwidth frequency and resonant frequency 3,6 GHz resonant frequency with 102 MHz bandwidth frequency for VSWR value below 2. The radiation pattern of the antenna is unidirectional and polarization antenna is elliptical almost linear. The available gain for each antenna are 14,95 dBi and 14,42 dBi.
Keyword: microstrip, dual band, stacked, broadband wireless access

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI ANTENA MICROSTRIP DUAL BAND MENGGUNAKAN RECTANGULAR PATCH PADA FREKUENSI KERJA 2.4 GHz DAN 3.5 GHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

DIAH PUTRIANDRIANI
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini