DETEKSI BENTUK OBJEK BAWAH TANAH MENGGUNAKAN PENGOLAHAN CITRA B-SCAN PADA GROUND PENETRATING RADAR (GPR)

RAHMAYATI ALINDRA

Informasi Dasar

111050041
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Ground Penetrating Radar (GPR) adalah salah satu jenis radar yang digunakan untuk menyelidiki kondisi di bawah permukaan tanah tanpa harus menggali dan merusak tanah. Antena pengirim memancarkan gelombang elektromagnetik ke dalam tanah kemudian sinyal tersebut akan dipantulkan kembali oleh objek bawah tanah dan diterima oleh antena penerima. Sinyal yang diterima kemudian diolah pada bagian signal processing dengan tujuan untuk menghasilkan gambaran kondisi di bawah permukaan tanah yang dapat dengan mudah dibaca dan diinterpretasikan oleh user. Signal processing sendiri terdiri dari beberapa tahap yaitu A-Scan yang meliputi perbaikan sinyal dan dektesi objek satu dimensi, B-Scan untuk pemrosesan data dua dimensi dan C-Scan untuk pemrosesan data tiga dimensi.
Pada Tugas Akhir ini akan dilakukan pengolahan data B-scan untuk mendapatkan informasi mengenai bentuk objek bawah tanah. Data B-scan hasil survey dari perangkat GPR yang sudah ada, diolah dengan metode pemrosesan citra. Dengan prinsip dasar bahwa citra merupakan suatu fungsi dari dua variabel kemudian diterapkan metode gradien garis untuk mengidentifikasi bentuk dari objek bawah tanah. Bentuk objek yang dideteksi meliputi bentuk persegi, segitiga, atau lingkaran.
Dari implementasi yang dilakukan didapatkan tahapan pengolahan citra Bscan yang dibutuhkan meliputi preprocessing, pradeteksi, dan deteksi. Untuk data B-scan hasil survey yang tersedia, tahapan pengolahan tersebut telah berhasil menentukan bentuk objek bawah tanah, yaitu dapat membedakan bentuk persegi dan bukan persegi, yang kemudian diklasifikasikan menjadi segitiga dan lingkaran.Kata Kunci : GPR, B-SCAN, pengolahan citra, bentuk objekABSTRACT: Ground Penetrating Radar (GPR) is one type of radar that is used to investigate the conditions below the surface without having to dig up and destruct the land. Transmitter antenna emits electromagnetic waves into the ground and then the signal will be reflected back by the underground object and received by the receiver antenna. Received signal was processed in the signal processing in order to produce an image of the conditions below the surface that can be easily read and interpreted by the user. Signal processing itself consists of several stages of the A-scan signals which include repair and detect one-dimensional objects, Bscan for two-dimensional data processing and C-scans for three-dimensional data processing.
This final assignment will conduct the processing of B-scan data to obtain information about the shape of underground objects. B-scan data survey results from GPR devices that have been realized, prepared by the method of image processing. With the basic principle that the image is a function of two variables and then apply the gradient method to identify the shape of the underground object. Shape of the detected objects includes a square, triangle, or circle.
From the implementation of the processing stages performed, it is obtained that B-scan images required preprocessing, predetection and denoising, and detection. For B-scan data survey results that are already available, the processing stage has been successfully determine the shape of underground objects, which can distinguish between a square and not square, which is then classified into a triangle and circle.Keyword: GPR, B-SCAN, image processing, object shape

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

DETEKSI BENTUK OBJEK BAWAH TANAH MENGGUNAKAN PENGOLAHAN CITRA B-SCAN PADA GROUND PENETRATING RADAR (GPR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

RAHMAYATI ALINDRA
Perorangan
Heroe Wijanto, Koredianto Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini