Perancangan dan Realisasi Antena Sierpinski Triangle Bowtie pada Frekuensi 2300-2400 MHz

I Made Maha Wijaya

Informasi Dasar

111050020
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi komunikasi wireless di dunia, berkembang begitu pesat dan beragam. Hal ini tentunya memunculkan berbagai bentuk standar teknologi yang baru dan semakin canggih. Untuk mendukung teknologi tersebut, tidak akan lepas dari sebuah device yang bernama antena. Antena didefinisikan sebagai transformator gelombang terbimbing yang dilewatkan pada saluran transmisi menjadi gelombang ruang bebas maupun sebaliknya. Antena berfungsi sebagai penerima dan pelepas energi elektromagnetik yang sangat berperan dalam komunikasi wireless.
Antena bowtie merupakan antena yang termasuk ke dalam jenis antena dipole yang juga merupakan perkembangan dari antena biconical yang diubah menjadi dua dimensi berupa dua lempeng segitiga. Karakteristik dari antena bowtie tersebut adalah memiliki nilai impedansi yang lebar sehingga mempengaruhi lebar bandwith yang dihasilkan. Pada tugas akhir ini antena bowtie dirancang pada bahan FRepoxy dimana merupakan bahan berbentuk printed circuit board yang mampu bekerja pada frekuensi yang sangat tinggi. Antena bowtie yang dirancang disisipkan metode fractal yaitu sierpinski gasket dimana fungsi dari bentuk fractal adalah peningkatan gain antena. Karena antena ini bersifat balance maka pada antena ini dipasang sebuah balun coaxial karena saluran transmisi bersifat unbalance.
Pada tugas akhir ini telah dilakukan perancangan, simulasi, realisasi dan pengukuran antenna Sierpinsky Triangle Bowtie dan didapatkan hasil sebagai berikut : nilai VSWR minimum adalah 1.244 dengan frekuensi kerja yang berada pada VSWR ≤ 1.5 terletak pada range frekuensi (2217 - 2595)MHz sehingga bandwidth yang didapat adalah 378 MHz . adapun gain yang didapat adalah 2.093 dBi dengan polasisasi yang didapat adalah polarisasi elips.Kata Kunci : Sierpinski Triangle Bowtie, BalunABSTRACT: Technological growth of mobile wireless communications in modern world is going faster and immeasurable. It makes a lot of emerging the new technology standard and sophisticated progressively. To provide that technology, Apparatus which cannot be discharged and absolute there must be in wireless communication system is antenna. Antenna is the device that transforms guided wave into free space wave and vice versa. The function of antenna as transmitter and receiver electromagnetic wave which very important in wireless communication.
Bowtie antena is a method from dipole antenna which development from biconical antenna to two dimention antenna like two triangle flat metal. Bowtie characteristic have wide of impedance and its impact to bandwidth antenna. In this final assigment , bowtie antenna create on frepoxy substrat like printed circuit board antenna which work in high frequency. Bowtie antenna in this final assignment include fractal method to increase gain of antenna. Because of this antena is balance and transmission line is unbalance therefore using coaxial balun.
At this final assignment designed , simulation , realitation , and measurement Sierpinski Triangle Bowtie Antena and the result is :VSWR minimum is 1.244 , frequency range under VSWR ≤1.5 is 2217 – 2595 MHz and bandwidth of the antena is 378 MHz. Gain of antena is 2.093dBi, omni directional radiation pattern and have elliptical polarization.
Keyword: Sierpinski Triangle Bowtie, Balun

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Perancangan dan Realisasi Antena Sierpinski Triangle Bowtie pada Frekuensi 2300-2400 MHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I Made Maha Wijaya
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini