Analisis Keamanan Jaringan Komputer Pada Electronic Payment Menggunakan Secure Electronic Transaction ( SET )

Andhika Taufan Kusuma Putera

Informasi Dasar

111050011
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan internet yang sangat pesat di dunia menyebabkan banyak perusahaan barang dan jasa merubah gaya bisnisnya melalui internet. Salah satu yang marak dikembangkan adalah sistem perdagangan melalui internet.
Dengan semakin berkembangnya perdagangan di Internet, banyak pula protokol protokol yang dipergunakan untuk perdagangan di Internet. Protokol ini digunakan untuk menghindari adanya penyusupan atau penyalahgunaan fasilitas perdagangan di internet yang menyebabkan kerugian oleh salah satu pihak. Salah satu protokol yang dianggap paling aman adalah Secure Electronic Transaction (SET) yang dikeluarkan oleh Visa dan Mastercard. Di Indonesia belum ada yang mengimplementasikan SET untuk perdagangan di Internet. Dalam penelitian ini dicoba untuk membuat emulasi protokol SET dan kemudian menganalisanya.
SET ( Secure Electronic Transaction ) merupakan protokol yang dikeluarkan oleh Visa dan Mastercard yang ditujukan untuk melindungi proses perdagangan melalui internet terhadap kejahatan – kejahatan yang mungkin dilakukan melalui internet. Protokol ini didukung oleh penyediaan fasilitas enkripsi yang cukup memadai. Fasilitas utama yang dibanggakan oleh protokol ini adalah adanya dual signature yang membuat pemisahan antara data order pembelian dan informasi pembayaran. Pada protokol ini, merchant hanya dapat mengetahui informasi order barang yang diajukan oleh client tanpa dapat mengetahui informasi pembayaran yang akan digunakan oleh client. Oleh karena itu, dalam protokol ini dibutuhkan pihak ketiga yaitu payment gateway yang akan mengurus proses pembayaran kedua belah pihak.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk merancang emulasi objek-objek yang dipakai dalam protokol SET dan kemudian menganalisa protokol ini pada aplikasi electronic payment.
Sistem yang dirancang ternyata dapat memenuhi parameter – parameter keamanan jaringan komputer yaitu confidentiality, integrity, authentication, authority, dan non-repudiation. Sistem belum mampu mengatasi pemutusan pengiriman data yang dilakukan pada serangan man-in-the-middle namun data yang tertangkap masih terlindungi karena masih dalam bentuk ciphertext. Sistem masih aman terhadap serangan brute-force sampai beberapa tahun ke depan.Kata Kunci : electronic payment,SET,dual signatureABSTRACT: The development of internet in the world causes many company changes their style of bussiness through internet. For example is trading system via internet.
Together with developed of trading via internet, many protocol that is used for e- commerce. This protocol is used for avoiding intruding or exploiting facility in e-commerce that can cause damage for the party. One of many protocol that considered as the most secure is Secure Electronic Transaction ( SET ) that is released by Visa and MasterCard. In Indonesia, no one has implemented SET for e-commerce. In this final task, i try to make the SET emulator and then analyze it.
SET is a protocol that is released by Visa and MasterCard that used for protect the trading process via internet from any crime that maybe happened in internet. This protocol is supported by strong encryption method. The main facility from this protocol is dual signature that separates between order information and payment information. In this protocol, merchant just can know the order information without know the payment information. Therefore, this protocol needs a third party that is payment gateway which can manage the payment transaction from each parity.
The purpose of this final task is to make emulator and the objects that are used in SET and then analyze the protocol in electronic payment.
System that has been made can meet the requirement of computer network security parameter such as confidentiality, integrity, authentication, authority, and non-repudiation. System has not able to overcome man-in-the-middle attack, but it still can protect the data because it still in ciphertext form. System able to overcome brute-force attack until next few year.Keyword: electronic payment,SET,dual signature

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

Analisis Keamanan Jaringan Komputer Pada Electronic Payment Menggunakan Secure Electronic Transaction ( SET )
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Andhika Taufan Kusuma Putera
Perorangan
Rendy Munadi, Yudha Purwanto
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini