PERANCANGAN UBIQUITOUS SENSOR NETWORK (USN) UNTUK KEAMANAN LINGKUNGAN (NEIGBOURHOOD SECURITY AND SURVEILANCE)

Riama Idauli

Informasi Dasar

111048029
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sensor memiliki daya yang terbatas sehingga dibentuk dalam suatu jaringan yaitu sensor network. Jenis sensor network yang digunakan adalah Ubiquitous Sensor Network (USN). (USN) merupakan realisasi dalam pengumpulan informasi secara real-time, dimanapun dan kapanpun. USN adalah suatu sistem yang dapat diaplikasikan untuk membentuk sistem keamanan dan pengawasan lingkungan (Security and Surveilance). Ubiquitous, berkaitan dengan telemetri, yaitu pengambilan data jarak jauh menggunakan media transmisi yaitu Bluetooth. USN menggunakan Bluetooth kelas 1 dengan jarak transmisi 100 meter pada indoor.
Sensor-sensor yang digunakan adalah sensor temperature, sensor asap, sensor kamera, dan sensor infrared. Sensor yang digunakan adalah digital, yang terkumpul menjadi sensor node. Pada sensor node telah terintegrasi dengan Bluetooth, sehingga data dari setiap sensor akan dikirimkan oleh Bluetooth ke Bluetooth Access Point (AP).
Data dari sensor node ke Bluetooth AP dikirim secara wireless, data dari AP akan dikirim ke Central Monitoring System (CMS) secara wired, menggunakan topologi bus dengan media transmisi kabel UTP. Hal ini dimungkinkan karena Bluetooth AP mendukung koneksi LAN. CMS akan mengidentifkasi, dan melaporkan jika terjadi masalah/gangguan pada sensor. Jika terdapat ganguan maka akan mengaktifkan sistem alarm.
Perancangan yang dilakukan adalah simulasi menggunakan MATLAB. Dengan hasil perancangan berupa analisa througput dan BER. Hasil analisa ini menunjukkan performa USN dengan menggunakan Bluetooth untuk transmisinya. BER maksimal Bluetooth adalah 10-3 dan ini didapat pada jarak 9 meter dan SNR 10 dB. Dengan menggunakan Bluetooth kelas 1 yang memiliki jarak transmisi 100 meter, dan dengan menggunakan SNR 20 dB BER yang dihasilkan semakin kecil yaitu 10-5. Sehingga transmisi data reliabel (handal). Semakin kecil BER maka transmisi semakin reliable.Kata Kunci : Sensor network, ubiquitous, Bluetooth, telemetri.ABSTRACT: Ubiquitous Sensor Network (USN) is a system which can be apply to creat neighbourhood security and surveillance. Ubiquity, refers to telemetry, it means for long data transmission using Bluetooth. USN use class 1 Bluetooth at 100 meter range for indoor.
The sensor consist of four sensors, they are temperature sensor, smoke sensor, infrared sensor and camera sensor. The sensors are digital sensors, which collected in sensor nodes. The sensor nodes have integrated with Bluetooth, so that the data of sensor nodes transmited by Bluetooth to Bluetooth Access Point (AP).
The Data’s sensor in sensor nodes send to Bluetooth AP in wireless, the data from AP transmited to Central Monitoring System (CMS) in wired, using UTP cable for transmission media in bus topology. It allow because the Bluetooth AP support LAN connectivity. CMS identify, and report if there is trouble.
The design is simulation using MATLAB. The result of the design produce analysis consist of througput and BER. The analysis use to show the performance of the design system of USN, which is use Bluetooth for the transmition. The maximal BER for Bluetooth is 10-3 and it obtain in 9 meters of distance and in SNR 10 dB. By using the class 1 of Bluetooth, which has 100 meters in distance, and by using SNR 20 dB, BER will decrease to 10-5. Thus, the data transmition is reliable because, the decrease of BER cause the transmition more reliable.Keyword: Sensor network, ubiquitous, Bluetooth, telemetry

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN UBIQUITOUS SENSOR NETWORK (USN) UNTUK KEAMANAN LINGKUNGAN (NEIGBOURHOOD SECURITY AND SURVEILANCE)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Riama Idauli
Perorangan
Miftadi Sudjai, Sony Sumaryo
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini