Perancangan Dan Realisasi Alat Penanda Waktu Sholat Selama Satu Tahun

Ismail Nur Hidayat

Informasi Dasar

111048013
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sebagai seorang muslim, sholat lima waktu merupakan suatu keharusan, terutama jika dikerjakan pada awal tepat waktu sholat tiba. Namun kadang-kadang kita tidak tahu dengan tepat kapan waktu sholat itu tiba dan kapan waktu berakhirnya. Masalah lainnya adalah kita juga tidak tahu dengan tepat kapan waktu sahur akan berakhir (imsak). Meskipun yang terbaik adalah dengan mengakhirkan waktu sahur.
Dari semua contoh kasus di atas, muncul suatu ide untuk membuat suatu alat yang secara otomatis dapat memberitahukan kepada kita kapan waktu sholat dan Imsak (waktu imsak umumnya 10 menit sebelum waktu subuh) pada hari tersebut. Selain itu alat ini juga dapat memberikan informasi jadwal waktu sholat selama kurun waktu tertentu
Alat yang dibuat pada intinya adalah sebuah IC mikrokontroler AT89S52 dilengkapi dengan sistem nada, dan lampu yang dapat memberikan suatu tanda peringatan bahwa waktu sholat dan imsak telah tiba. Program IC mikrokontroler ini dilengkapi dengan database waktu sholat selama satu tahun (tahun matahari).
Karena setiap tempat memiliki waktu sendiri-sendiri maka dalam Tugas Akhir ini, perangkat yang dibuat dilengkapi dengan fasilitas lain yaitu penambahan dan pengurangan terhadap waktu sholat sebagai koreksi terhadap waktu sholat di suatu tempat.Kata Kunci : -ABSTRACT: As a Moslem, the law for praying five times a day is a must, especially when it is done at the early time of prays. But sometimes we do not know exactly when the pray time is started and ended. Another problem is we also do not know exactly when the sahur time will ended. Although, we know the best part in sahur is eating until the end of sahur time over.
From all of the cases above, there is an idea to make an automatic device which can tell us about the pray times and the imsak times (around ten minutes before subuh) schedule at the day. Besides that, the device also can give us information about pray times schedules anytime.
The device has been made by using a microcontroller IC AT89S52 as processor, tone and lamp systems which can give an alert for pray times and imsak times. The microcontroller program contains of pray time database during for one year (sun calendars).
Because of every place have different times in pray so in this final project, the device has been completed with other facility to adjust their time according to their place.Keyword: -

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

Perancangan Dan Realisasi Alat Penanda Waktu Sholat Selama Satu Tahun
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Ismail Nur Hidayat
Perorangan
Jangkung Raharjo, Basuki Rahmat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini