Analisa dan Simulasi Kapasitas Pada Mobile WiMAX Untuk Multitrafik User

Dwi Ari Fajar Nugroho

Informasi Dasar

111041108
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Standar IEEE 802.16 memberikan perspektif baru dalam mengakses internet dengan kecepatan tinggi tanpa tergantung pada jaringan kabel atau modem. Standard tersebut kemudian berkembang menjadi standard IEEE 802.16e dengan teknologi Mobile WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access)-nya yang didesain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan akan layanan akses broadband dengan tingkat mobilitas yang tinggi.
Banyak aplikasi yang mampu dilayani oleh WiMAX, antara lain game interaktif, VoIP, video conference, media streaming, dan browsing internet. Jika di suatu area terdapat banyak pelanggan yang menggunakan WiMAX untuk mengakses berbagai aplikasi pada saat yang bersamaan, maka akan terdapat banyak trafik demand yang harus dilayani oleh Base Station. Hal inilah yang menjadikan tantangan bagaimana caranya untuk memberikan kualitas service yang baik untuk setiap aplikasi yang digunakan oleh multitrafik user dan mengetahui kapasitas maksimum jumlah customer (user) yang mampu ditangani.
Dalam penelitian ini digunakan dua parameter QoS Control, yaitu Over Sobscription Ratio (OSR) dan Contention Ratio (CR), serta parameter Cyclic Prefix (CP) untuk mendapatkan kapasitas BS yang maksimum.
Setelah dilakukan simulasi dengan berbagai masukan nilai parameter OSR, CR, dan CP didapatkan bahwa jumlah maksimum user adalah 110 user dengan SNR (Signal to Noise Ratio) untuk user ke-1 adalah sebesar 49,5449 dB dan SNR untuk user ke-110 adalah sebesar 4,7810 dB. Dari simulasi ini didapat hasil analisa bahwa jumlah user berbanding lurus dengan besar OSR (Over Sobscription Ratio), berbanding lurus dengan besar CR (Contention Ratio) yang diberikan untuk tiap class user, dan berbanding terbalik dengan nilai CP (Cyclic Prefix).WiMAX can serve many applications, some of them are interactive game, Voice over IP (VoIP), video conference, media streaming, and internet browsing. If there are so many WiMAX’s customers in an area, then there will a lot of traffic demand must be served by Base Station. That thing becoming a challenge how to gives good quality for each application which used by multitraffic users and how many customers can be supported by the system.
This research used two QoS Control parameter, Over Subscription Ratio (OSR) and Contention Ratio (CR), and also adding Cyclic Prefix (CP) parameter to reach a maximum Base Station’s capacity.
From this research, shows that the number of maximum user is reach 86 users and SNR (Signal to Noise Ratio) is 4.7810 dB for the 110th user. We can also conclude that by changing the value of parameter OSR, CR, and CP, the output shows that the maximum number of user is proportional to OSR and CR value, but inversely with CP value.
Keyword: mobile WiMAX , traffic demand, Contention Ratio, Over Subscription Ratio

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Analisa dan Simulasi Kapasitas Pada Mobile WiMAX Untuk Multitrafik User
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dwi Ari Fajar Nugroho
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Uke Kurniawan Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini