ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA DROP CALL PADA JARINGAN 3G INDOSAT (STUDY KASUS BTS 3G KEMBANGAN UTARA)

INDAH RISKANA AMELIA

Informasi Dasar

111041098
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: 3G merupakan teknologi terbaru yang sedang berkembang setelah sebelumnya GSM lalu disusul CDMA merajai pasar seluler di Indonesia. Sekarang ini banyak operator hadir, menawarkan harga murah dengan tujuan untuk merebut pasar pengguna seluler. Namun biasanya harga murah tidak menjamin kualitas dari suatu pelayanan. Kualitas suara yang tidak jelas (putus-putus) maupun tiba-tiba drop saat kita berkomunikasi merupakan gangguan yang sering kita alami. Oleh karena itu Indosat sebagai salah satu operator terbesar di Indonesia, berupaya untuk menghadirkan fasilitas 3G secara baik terutama dari segi kualitas baik untuk service voice maupun datanya.
Tugas Akhir ini membahas mengenai analisis penyebab terjadinya drop call pada jaringan 3G Indosat dengan study kasus BTS 3G Kembangan Utara yakni menganalisis drop call dari sisi RAN Network dengan melihat dari data trafiknya yang di ambil dari OSS milik Ericsson serta didukung dengan menggunakan pendekatan perhitungan analisis radio propagasi model Cost 231 untuk perhitungan pathloss dan pengukuran menggunakan drive test dengan software TERMs 8.0.3 untuk mengetahui kualitas KPI di lapangan.
Secara perhitungan di lapangan daya pancar BTS dan RSCP yang diterima di UE masih dianggap baik. Untuk Pout BTS rata-rata sebesar 41.12 dB dan ini masih diatas Pthreshold yakni ≥ 39 dBm dengan nilai RSCP rata-rata sebesar -79.6 dBm dan ini juga masih terletak pada range -15 dBm s.d -85 dBm. Namun pada kenyataannya, kondisi dilapangan BTS 3G Kembangan Utara memiliki tingkat drop call yang relative tinggi terutama untuk service voice yakni ≥1%. Berdasarkan hasil analisa dari sisi trafik , power link budget dan kapasitasnya dapat diketahui bahwa penyebab drop call dikerenakan keterbatasan kapasitas yang dimiliki oleh BTS 3G Kembangan Utara
Kata Kunci : 3G, Drop call, Drive test, RAN Network, less capacity.ABSTRACT: Technology 3G is the newest technology today before GSM and then CDMA become the king in market of cellular in Indonesia. Many operators give us cheap price with the purpose to get many consumers in their product. Usually cheap price is not guarantee the quality of service. Sometimes the service of voice is not clear even when we talk is drop. Consequently, Indosat one of the big operators in Indonesia tries to give subscriber the best quality and perform for all services.
In this final assignment observation will discuss about analyze cause of drop call in 3G Indosat Network with study case at BTS 3G Kembangan Utara. Writer will analyze cause of drop call from RAN Network side for see the data trafik and use methode of propagation analyze with Cost-231 for pathloss and use drive test with software Terms 8.0.3 to know KPI in the reality.
In the reality, power of BTS and RSCP of UE are still good. For Power BTS is still in good quality with the average 41.12 dB bigger than Pthreshold is 32.25 dB and for RSCP with the average -79.6 dBm is still in range -15 dBm s.d -85 dBm. It is mean that there is no problem with the Power. But in Reality if see from the data traffic, BTS 3G Kembangan Utara has big drop ratio for service voice. It is bigger than ≥1%. From analyze result; drop call has been caused less of capacity.
Keyword: 3G, Drop call, Drive test, RAN Network, less capacity.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS PENYEBAB TERJADINYA DROP CALL PADA JARINGAN 3G INDOSAT (STUDY KASUS BTS 3G KEMBANGAN UTARA)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

INDAH RISKANA AMELIA
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, Andi Gunawan
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini