Perancangan Dan Implementasi Sistem Pembaca Barcode Berbasis Pengolahan CItra Digital

Citra Eka Anugrahsari

Informasi Dasar

111041091
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Barcode adalah sederetan garis hitam putih yang disusun secara vertikal dengan tingkat ketebalan yang berbeda. Tingkat ketebalan dan jumlah garis dari barcode memberikan arti pada masing- masing komponen barcode dan membedakan antara jenis barcode yang satu dengan yang lain. Garis putih pada barcode adalah sebagai spasi sedangkan garis hitam menunjukkan pengkodean suatu barcode. Barcode menyediakan suatu metode pengkodean informasi teks yang sederhana dan murah. Barcode juga sebagai media penangkapan informasi data yang cepat dan akurat. Tujuan pokok barcode adalah untuk mengidentifikasi sesuatu dengan memberi label yang berisi barcode.
Pada tugas akhir ini dilakukan pembuatan sistem pembaca barcode berbasis pengolahan citra digital dengan menggunakan metode morfologi. Barcode yang digunakan pada tugas akhir ini diambil fotonya dengan menggunakan kamera digital. Untuk mendapatkan citra yang diinginkan dilakukan proses cropping sehinnga hanya citra barcode yang dihasilkan. Namun sebelumnya dilakukan pre-processing antara lain: mengubah citra RGB ke citra gray, mereduksi noise dengan median filter, perbaikan kekontrasan dengan histogram ekualisasi, mengubah citra gray ke citra biner (monocrhome). Preprecessing selanjutnya dengan menggunakan metode morfologi, antara lain: labeling, filling, dilatasi dan erosi.
Sistem diujikan dengan kondisi pencahayaan normal, -60, -40, -20, +20, +40 dan +60. Hasil implementasi diuji tingkat keakurasiannya. Akurasi dibedakan menjadi 3 macam, yaitu akurasi kiri, kanan dan akurasi total. Melalui implementasi dan pengujian, sistem mampu memberikan tingkat keakurasian lebih dari 70 % untuk akurasi kiri dan lebih dari 75% untuk akurasi kanan dan akurasi total.
Kata Kunci : -ABSTRACT: Barcode is a group’s white and black line which is compiled vertically with different width level. Barcode width level and count give meaning for each barcode component, and differ among barcode types. White lines on barcode mean space white black line means bar. Barcode provides simple, cheap text information coding method. Barcode is also as fast information storage and accurate. The objective of barcode is for identifying barcode-labeled object.
This final project describes the making of barcode reader system based on digital image processing using morphology method. Barcode image used in this final project was taken with digital camera. Cropping process is needed to get desired image until barcode image only which is generated. Before that, there are several pre processing to do: RGB to gray mage conversion, noise reduction with median filter, contras enhancement with histogram equalization, gray scale to binary image conversion. Next pre processing is using morphology method: labeling, filling, dilatasi and erosi.
System is tested with normal, -60, -40, -20, +20, +40 and +60 brightness conditions. Accuracy level of implementation result which are differed into 3 types: right, left and total accuracy. Through implementation and testing, system is able to serve accuracy level more than 70% for left accuracy and more than 75% for right and total accuracy.
Keyword: -

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Perancangan Dan Implementasi Sistem Pembaca Barcode Berbasis Pengolahan CItra Digital
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Citra Eka Anugrahsari
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Koredianto Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini