DESAIN DAN SIMULASI ALGORITMA TERPADU RSA, IDENTIFIKASI KANAL, AUTOMATIC TRANSMIT POWER CONTROL, DYNAMIC SPECTRUM MANAGEMENT PADA TRANSFORM DOMAIN COMMUNICATION SYSTEM UNTUK APLIKASI COGNITIVE RADIO

Lia Willyarti

Informasi Dasar

111041062
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pertumbuhan aplikasi wireless dan keterbatasan alokasi spektrum merupakan suatu permasalahan yang cukup serius. Beberapa tahun yang akan datang, diperkirakan sistem wireless di Indonesia akan semakin kompleks dari sekarang, perkembangan aplikasi wireless membuat masalah ini akan semakin besar dan rumit. Sehingga, dibutuhkan teknologi komunikasi frekuensi radio yang paling potensial dimasa mendatang untuk semua tipe sistem komunikasi radio dimana teknologi tersebut dapat mengefesiensikan penggunaan frekuensi, mengoptimalkan penggunaan daya, serta dapat otomatis menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan radio. Salah satu metode untuk mengatasinya dengan cara menggunakan aplikasi cognitive radio.
Dalam tugas akhir ini akan didesain dan mensimulasikan algoritma terpadu yang memenuhi syarat dari cognitive radio apakah bisa diterapkan kedalam sistem Transform Domain Communication System. Algoritma terpadu yang akan dirancang adalah Radio Scene Analisis, Identifikasi Kanal, Automatic Transmsit Power Control, dan Dynamic Spectrum Management. Sedangkan sistem yang digunakan adalah Transform Domain Communication System (TDCS), yang memiliki kemampuan untuk mencari frekuensi yang tidak terpakai dan menghindari interferensi pada transmitter sebagai pengganti dan mengurangi interferensi pada receiver.
Dari hasil simulasi dapat dilihat bahwa sistem TDCS dapat bekerja dengan baik pada cognitive radio. Hal ini dapat dibuktikan pada simulasi bahwa algoritma RSA, sistem mampu melakukan pemilihan kanal dengan interferensi paling kecil. Setelah itu, dengan algoritma ATPC sistem mampu mengontrol transmit power sehingga SINR kanal selalu berada diatas SINR threshold. Akan tetapi, jika power transmit tidak bisa dikontrol oleh algoritma ATPC maka algoritma DSM secara adaptive ( otomatis) akan melakukan update data base kanal dan menyesuaikan diri dengan kondisi lingkungan radio kembali tanpa pemutusan informasi terhadap data yang akan dikirim.
Kata Kunci : Kata kunci : TDCS, RSA, ATPC, DSM, Identifikasi Kanal.ABSTRACT: Growth of wireless application and spectrum allocation limitation are a serious enough problem. In future years, wireless system in Indonesia is expexted to be more complex than now. Wireless application development make this problem goes bigger and terrible. Then, radio frequency communication technology that can cover for all types of radio telecommunication system, which can make frequency usage more efficient, optimize power usage, and can self-adapt with radio environtment condition automatically, is needed. One of some methods can be used is using cognitive radio application.
In this final assesment, integrated algorithms that can meet the requirement of cognitive radio will be designed and simulated if can be implemented to Transform Domain Communication System. Integrated algorithms that will be designed are Radio Scene Analisis, Channel Identification, Automatic Transmit Power Control, and Dynamic Spectrum Management. System that will be used is Transform Domain Communication System (TDCS), that have ability to find unused frequency and avoiding interference on transmitter as replacement and reduce interference on receiver.
From the simulations results, TDCS can work well on cognitive radio. This can be proved on the simulation that RSA algorithm able to do the channel selection with smallest interference. Then, with ATPC algorithm, the system able to control the transmit power so channel’s SINR is kept above the SINR treshold. But, if the transmit power is uncontrollable by ATPC algorithm, so DSM algorithm will update channel database automatically (adaptive) and do self-adaptation with radio environtment condition without information interruption to the data that will be sent.
Keyword: Keyword: TDCS, RSA, ATPC, DSM, Channel Identification.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

DESAIN DAN SIMULASI ALGORITMA TERPADU RSA, IDENTIFIKASI KANAL, AUTOMATIC TRANSMIT POWER CONTROL, DYNAMIC SPECTRUM MANAGEMENT PADA TRANSFORM DOMAIN COMMUNICATION SYSTEM UNTUK APLIKASI COGNITIVE RADIO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Lia Willyarti
Perorangan
Miftadi Sudjai, Rina Pudji Auti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini