Perancangan dan Implementasi Antena Mikrostrip Bentuk Fraktal Sierpinski Gasket Pada Frekuensi 900 dan 1800MHz

Riski Mulyawati

Informasi Dasar

111041040
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi wireless tidak hanya berdampak pada jenis layanan yang disediakan, akan tetapi berdampak juga pada tuntutan mobilitas user. Tuntutan mobilitas dalam mengakses, membutuhkan device-device yang andal agar dapat melakukan komunikasi secara maksimal. Salah satu device yang mendukung komunikasi yaitu antena. Antena berperan penting dalam penerimaanAntena mikrostrip merupakan salah satu jenis antena yang berbentuk papan tipis dan mampu bekerja pada frekuensi yang sangat tinggi. Antena mikrostrip memiliki kemudahan dalam pabrikasi serta mengintegrasikaan rangkaian di bawahnya. Hal ini menarik perhatian para periset untuk meneliti performansi dari antena tersebut. Akan tetapi, antena ini memiliki beberapa kekurangan yaitu memiliki bandwidth dan gain yang kecil. dan pengiriman informasi, yaitu sebagai transformator gelombang elektromagnetik dari dan ke udara.

Tugas akhir ini telah dilakukan perancangan dan implementasi antena mikrostrip dengan patch berbentuk fraktal sierpinski gasket yang bekerja pada dual frekuensi GSM, 900 dan 1800MHz. Dengan bentuk fractal sierpinski gasket dapat meningkatkan gain hingga ≥ 6dB dan memperlebar bandwith sebesar ≥ 70 dan 170MHz pada VSWR ≤ 2.Kata Kunci : Antena Mikrostrip, Fraktal Sierpinski Gasket, GSMABSTRACT: Wireless technological growth not only influence in service communication but it influence in mobility users too. In mobility users, to make it easy to accessing, it needs more high quality devices to have maximal result. Antenna is one of the important things in wireless mobility. It is more needed in sending and receiving information or it is known as the electromagnetic wave transformation from and to the air.
Microstrip antenna is the type of antenna which has thin board shape and can work at very high frequency. Microstrip antenna has the easy for fabrication and can integrate it with the circuit. It is interest to research its performance. But this antenna has various weaknesses such low bandwidth and low gain.
In this final assignment has design and implemented microstrip antenna with fractal sierpinski gasket patch which can operation on dual GSM frequency, 900 and 1800MHz. By fractal sierpinski gasket, it can improve the gain power ≥ 6dB and improving bandwith ≥ 70 and 170MHz with VSWR ≤ 2.Keyword: Microstrip antenna, Fractal Sierpinski Gasket, GSM

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perancangan dan Implementasi Antena Mikrostrip Bentuk Fraktal Sierpinski Gasket Pada Frekuensi 900 dan 1800MHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Riski Mulyawati
Perorangan
Heroe Wijanto, Bambang Setia Nugroho
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini