DETEKSI DAN PENENTUAN JARAK OBJEK MENGGUNAKAN PENGOLAHAN CITRA B-SCAN PADA GROUND PENETRATING RADAR (GPR) DISTANCE DETECTION AND DETERMINATION OF OBJECT USING B-SCAN IMAGE PROCESSING IN GROUND PENETRATING RADAR (GPR)

F. RANI HANDRIASTUTI

Informasi Dasar

111041021
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Ground Penetrating Radar (GPR) merupakan sistem radar yang digunakan dalam deteksi objek yang terkubur di dalam tanah dengan kedalaman tertentu tanpa harus menggali tanah. Proses deteksi dilakukan dengan memancarkan pulsa elektromagnetik yang akan merambat di dalam tanah dan dipantulkan oleh objek. Sistem GPR terdiri atas pengirim (transmiter) berupa antena yang terhubung dengan sumber impuls, dan bagian penerima (receiver) berupa antena yang terhubung dengan unit pengolahan data hasil survey.
Tujuan utama dilakukan pemrosesan terhadap sinyal yang diterima oleh receiver GPR adalah untuk menghasilkan citra kondisi dibawah permukaan tanah yang dapat diinterpretasikan oleh user. Pemrosesan data sendiri terdiri dari beberapa macam yaitu A-Scan, B-Scan dan C-Scan.
Melihat peran penting pemrosesan sinyal pada sistem GPR, maka menjadi keharusan setiap sistem GPR untuk menerapkan pemrosesan data selanjutnya terhadap data hasil survei GPR. Salah satu masalah dalam sistem GPR adalah bagaimana mengidentifikasi dan menginterpretasikan data hasil survei GPR dengan benar. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu metode pemrosesan data yang memungkinkan objek diidentifikasi dan diinterpretasikan dengan benar. Melalui pemrosesan citra B-Scan, tahap pertama dilakukan dianalisis alignment untuk mengembalikan posisi citra yang tergeser, kemudian difilter dengan mask tertentu untuk mendapatkan informasi perubahan frekuensi tinggi pada arah horizontal dan diperjelas dengan operasi morfologi pada tahap pradeteksi. Tahap terakhir dianalisis jarak horizontal dan kedalaman objek dengan analisis penjumlahan kolom pada tahap deteksi dan penentuan jarak sehingga dapat ditentukan informasi mengenai objek bawah tanah dengan benar, informasi ini meliputi kedalaman dan jarak horizontal dari titik awal survey.Kata Kunci : GPR, B-Scan, Alignment, Pradeteksi, Deteksi, Penentuan JarakABSTRACT: Ground Penetrating Radar is kind of radar system that used on detecting buried object with certain depth without digging the soil. Detection process is done by spread out electromagnetic pulse that traveled downward on the soil and reflected by object. GPR system consists of transmitter shaped of antenna that connected with impulse generator, and receiver shaped of antenna that connected with survey result data processing unit.
The purpose of processing GPR survey result data is to wish for underground condition image which can be interpretation by user. Data processing is consists of A-Scan, B-Scan, and C-Scan.
Seem the importance of data processing in GPR system, it become a must to GPR system to apply data processing furthermore. Once of the problem in GPR system is how to identification and interpretation GPR survey result data correctly. To overcome this problem it is needed data processing method that able to identification and interpretation correctly. By some B-Scan image processing stage, the first is alignment analysis to return the shifted image position. Then it is filtered by certain mask to get information about the changing of high frequency on horizontal direction and be clarified by morphological operation in pre-detection stage. The last stage is analyzed the horizontal distance and the depth of the object by column summation analyzing in distance detection and determination stage so it can be determined the information about the object correctly, the information cover depth and horizontal distance from original point survey.Keyword: GPR, B-Scan, Alignment, Pre-detection, Detection, Distance Determination

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

DETEKSI DAN PENENTUAN JARAK OBJEK MENGGUNAKAN PENGOLAHAN CITRA B-SCAN PADA GROUND PENETRATING RADAR (GPR) DISTANCE DETECTION AND DETERMINATION OF OBJECT USING B-SCAN IMAGE PROCESSING IN GROUND PENETRATING RADAR (GPR)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

F. RANI HANDRIASTUTI
Perorangan
Heroe Wijanto, Koredianto Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini