Perencanaan Core Network UMTS di Jakarta

Mohammad Nur Hasan

Informasi Dasar

111041014
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi UMTS akan diterapkan di Indonesia sebagai generasi ketiga dalam teknologi komunikasi seluler. Sebelum UMTS, Indonesia telah menerapkan teknologi GSM sebagai generasi kedua. Untuk menerapkan UMTS di Indonesia yang juga merupakan perkembangan teknologi GSM tidak akan dilakukan secara independent tanpa mempertimbangkan teknologi GSM yang telah diterapkan. Untuk itu, harus dilakukan studi tentang jaringan eksisting GSM dan kemudian harus dilakukan perencanaan yang matang meliputi jaringan akses dan jaringan core dari UMTS.
Pada Tugas Akhir ini akan dibahas tentang perencanaan jaringan inti atau core network UMTS di Jakarta dengan studi kasus PT. Telkomsel. Perencanaan ini meliputi packet switched dan circuit switched core network UMTS. Dalam proses penyusunan Tugas Akhir dan perencanaan core network ini dikumpulkan data-data lapangan seperti jumlah penduduk, trafik, dan jaringan eksisting yang berguna dalam tahap dimensioning. Selain itu juga pada penelitian ini, digunakan request for proposal (RFP) dari PT. Telkomsel sebagai dasar perencanaan jaringan core network UMTS.
Pada penelitian ini dipelajari tentang langkah-langkah untuk melakukan perencanaan core network UMTS. Perencanaan meliputi perencanaan jumlah elemen yang dibutuhkan dan juga kapasitas interface yang diperlukan. Perencanaan yang dilakukan menghasilkan enam MSS dan enam MGW untuk circuit swicthed core network UMTS. Sedangkan untuk packet switched core network UMTS didapatkan tiga SGSN dan satu SGSN. Trafik rata-rata yang dibangkitkan oleh pelanggan Telkomsel di Jakarta tergolong rendah.
Tugas akhir ini telah menghasilkan suatu detail perencanaan tentang penerapan jaringan UMTS di PT. Telkomsel Jakarta. Diharapkan Tugas Akhir ini bisa menjadi acuan untuk menerapkan jaringan UMTS di Indonesia.Kata Kunci : UMTS, Perencanaan, Core Network, JakartaABSTRACT: UMTS technology will be implemented in Indonesia as 3th generation of cellular communication technology. Before UMTS, Indonesia has implemented GSM an 2nd generation technology. To implement UMTS that is evolution of GSM in Indonesia will not be done without consider GSM technology that has been implemented. For that reason, GSM existing network must be studied and then a good planning must be done includes access network and core network of UMTS.
In this Final Task, will be studied about UMTS core network planning in Jakarta for PT. Telkomsel. This planning comprises packet switched and circuit switched core network. In the process of composing this Final Task for core network planning, the real datas from network existing include number of population, subscribers, traffic, etc was collected for dimensioning. Beside of that, request for proposal (RFP) from PT. Telkomsel is used for UMTS core network planning.
This research study about steps of UMTS core network planning. The planning includes network element dimensioning and network interface dimensioning. From the result of planning, network elements of UMTS core network that will be implemented is 6 MSSs and 6 MGWs for circuit switched, 3 SGSNs and a GGSN for packet switched. The traffic that generated by PT. Telkomsel in Jakarta subscribers is low.
This Final Task results a detail planning about implementation of UMTS network at PT. Telkomsel Jakarta. It can be a guidance for implementing UMTS in Indonesia.Keyword: UMTS, Planning, Core Network, Jakarta

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Perencanaan Core Network UMTS di Jakarta
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Mohammad Nur Hasan
Perorangan
Bambang Setia Nugroho, Alvo Ismail.
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini