SIMULASI DAN ANALISIS PERFORMANSI VOIP PADA JARINGAN MOBILE WIMAX (IEEE 802.16e)

Chrisnanda Nugrahita

Informasi Dasar

111040353
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Mobile WiMax adalah teknologi nirkabel standar IEEE 802.16e yang mendukung untuk layanan dengan mobilitas. Mobile WiMax memiliki kelebihan antara lain bandwitdth lebar, coverage area luas, dapat melayani dalam kondisi Non Line of Sight.
Dalam penelitian ini akan mensimulasikan performasi dari Jaringan mobile WiMax dalam melayani komunikasi suara yaitu dalam hal ini adalah VoIP. Parameter yang di jadikan acuan dalam standart kualitas performasi antara lain adalah delay, throughput, packetloss dan jitter.
Simulasi yang dilakukan dalam menguji kualitas layanan VoIP dalam jaringan mobile WiMax antara lain dengan memberikan suatu traffic penggangu atau background traffic pada jaringan mobile WiMax berupa HTTP, FTP, dan Video. Simulasi kedua dengan mengubah jenis codec yang digunakan untuk melihat pengaruh terhadap performasi. Dan simulasi ketiga dilakukan dengan mengamati performasi dari VoIP dengan keadaan user sedang bergerak.
Dari hasil simulasi didapatkan penggunaan codec G729 baik untuk komunikasi VoIP, dimana dalam simulasi dengan background traffic terbesar memberikan packetloss rata-rata 6,88%. Codec G711 memberikan delay terbesar yaitu sebesar 46,7630ms dan delay terkecil adalah penggunaan codec G723 yaitu sebesar 25,5851ms.Kata Kunci : WiMax, VoIP, Mobile, Codec.ABSTRACT: Mobile WiMax is a standard wireless technology IEEE 802.16e that support for mobility services. Mobile WiMax have many advantages such as broadband bandwitdth, distance coverage, can service in non line of sight condition
In this research, will simulate mobile WiMax network perfomance in voice comunication service, in this case are VoIP. The parameters that used to standard quality perfomance such as delay, througput, packetloss and jitter.
In this simulation, will test a quality of VoIP service in mobile WiMax network, with give some background traffic such as HTTP, FTP and Video. Second simulation that change the codec that used to test the perfomance. Third simulation will test VoIP perfomance with mobility user.
From simulation result, codec G729 good enough for VoIP comunication, where at simulation with highest background traffic gives mean packetloss 6.88%. Codec G711 gives hihgest delay with 46.7630 and the lowest G723 with 25.551ms.Keyword: WiMax, VoIP, Mobile, Codec.

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

SIMULASI DAN ANALISIS PERFORMANSI VOIP PADA JARINGAN MOBILE WIMAX (IEEE 802.16e)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Chrisnanda Nugrahita
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini