PENGENALAN GERAK BERBASIS ACCELEROMETER MEMSIC 2125 SEBAGAI INPUT PROGRAM BOXSTACK

WIYAWAN

Informasi Dasar

111040348
621.381
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Seiring dengan kemajuan dalam bidang teknologi komputasi, kehidupan manusia saat ini sangat erat hubungannya dengan komputer. Oleh karena itu berkembanglah studi mengenai interaksi antara manusia dengan komputer atau yang lebih dikenal dengan istilah Human-Computer Interaction (HCI). HCI adalah suatu bagian dari ilmu komputer yang mempelajari tentang desain, evaluasi, dan implementasi dari sistem komputer yang interaktif bagi manusia beserta dengan hal-hal lain yang berkaitan dengannya.

Dalam tugas akhir ini, telah dirancang interaksi baru antara manusia dan komputer, khususnya dalam bidang perangkat lunak permainan. Pengenalan gerak berbasis accelerometer (accelerometer-based gesture recognition) sebagai pengendali dalam perangkat lunak tersebut. Untuk itu maka digunakan Memsic 2125 Accelerometer sebagai low-cost interaction device untuk mengenali gerakan. Accelerometer ini akan memberikan data percepatan dalam ruang 2D (sumbu x,y) yang selanjutnya dapat digunakan untuk mengenali gerakan.

Sedangkan untuk perangkat lunak permainan ini dibangun menggunakan open-source processing. Processing adalah bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman (development environment) open source untuk memprogram gambar, animasi dan interaksi. Pengenalan gerak pada tugas akhir ini hanya dibatasi 4 gerakan: gerakan kanan dengan prosentase keakuratan 94%, gerak ke kiri 90%, gerak ke depan 91,33%, dan gerak ke belakang sebesar 93,33%.

Kata Kunci : accelerometer-based gesture recognition; Memsic 2125 accelerometer; ProcessingABSTRACT: Along with advances in computing technology, human life is very closely related to the computer. Therefore, developed the study of the interaction between human and computer or better known as the Human-Computer Interaction (HCI). HCI is a part of computer science that studies about the design, evaluation, and implementation of interactive computer systems for humans along with other matters related there.

This bachelor's thesis has designed a new interaction between humans and computers, especially in the field of game software. The introduction of motion-based accelerometer (accelerometer-based gesture recognition) as a controller in software. For that we used Memsic 2125 Accelerometer as a low-cost interaction devices to recognize the movement.

This accelerometer will provide data acceleration in 2D space (axis x, y) which can then be used to identify the movement. As for this game software is built using open-source processing. Processing is a programming language and programming environment (development environment), an open source to program images, animation and interaction. The gesture recognition at this final project is only limited to four: right movement with the percentage of 94% accuracy, move left 90%, 91.33% of motion forward and backward motion of 93.33%.

Keyword: accelerometer-based gesture recognition; Memsic 2125 accelerometer; Processing

Subjek

Sistem Elektronika
 

Katalog

PENGENALAN GERAK BERBASIS ACCELEROMETER MEMSIC 2125 SEBAGAI INPUT PROGRAM BOXSTACK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

WIYAWAN
Perorangan
SONY SUMARYO , M. Ramdhani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini