ANALISIS PERFORMANSI SISTEM DS-CDMA MENGGUNAKAN TRANSMITTER DIVERSITY DAN RECEIVER DECORRELATOR

ADE ANDRIYATNO

Informasi Dasar

111040346
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Multipath fading phenomena and multiple access interference (MAI) menjadi masalah yang fundamental dalam system komunikasi wireless, karena akan menyebabkan fluktuasi daya sinyal terima yang akan menyebabkan degradasi pada performansi system. Salah satu cara untuk mengatasi pengaruh dari multipath fading adalah dengan teknik diversity, karena teknik ini deep fades menjadi dangkal dan system bisa beroperasi pada daya transmit yang rendah. Sedangkan multiple access interference (MAI) bisa dikurangi dengan menggunakan menggunakan decorrelator pada receiver, karena decorrelator bisa menguranngi nilai cross correlation dari kode penebar yang menyebabkan interferensi antara user satu dengan yang lainnya.
Penelitian sebelumnya dilakukan pada kondisi single user. Penelitian sekarang dilakukan pada kondisi multiuser, sehingga tugas akhir ini akan memperlihatkan kinerja penerapan teknik diversity MISO pada sistem WCDMA dengan kondisi ada interferensi dari user lain. Selain itu akan memperlihatkan juga kinerja dari decorrelator pada receiver untuk mengurangi Multiple Access Interference ( MAI ).
Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan memakai teknik diversity pada transmitter akan memberikan perbaikan dan adanya diversity gain pada sistem WCDMA, untuk penerima konvensional, maupun yang menggunakan decorrelator untuk jenis kanal AWGN maupun pada kanal rayleigh fading. Nilai diversity gain yang diperoleh pada kanal AWGN rata-rata mencapai 3 dB sedangkan pada kanal Rayleigh fading mencapai 11 dB, tetapi niali diversity gain tersebut berubah kalau jumlah user makin banyak.
Selain itu pada kondisi SNR dB 3 - á kinerja decorrelator relatif sama dengan konvensional. Kesimpulan yang diperoleh, dengan memakai teknik diversity pada transmitter dan decorrelator pada receiver, akan memberikan hasil yang lebih baik. Selain itu pemilihan kode penebar yang tepat akan meningkatkan performansi sistem karena othogonalitas dari kode penebar yang digunakan bisa mengurangi interferensi.Kata Kunci : WCDMA, Diversity, Decorrelator, dan MAIABSTRACT: Multipath fading phenomena and multiple access interference (MAI) become fundamental problems in wireless communication system, because causing receive signals power fluctuation that degrade system performance. One method to overcome multipath fading effect is diversity technique, that change deep fades to be shallow and operate the system on lower transmit power. The multiple access interference (MAI) can be decreased by using decorrelator at receiver, because decorrelator can reduce cross correlation value from spreading code that causing interference between users.
On previous research the method was implemented on single user case. Present, will be implemented on multiuser, so the Final Task will showing MISO diversity technique performance on WCDMA with interference from other users, and showing decorrelator performance at receiver for reducing Multiple Access Interference ( MAI ).
The research result giving BER improvement and gain diversity on WCDMA system for with or without decorrelator at transmitter through AWGN or Rayleigh fading channel by implementing diversity technique at transmitter. Gain diversity value achieved through AWGN channel is about 3 dB while though Rayleigh fading channel is about 11 dB, but those value will change if user number increase.
Beside that on SNR<-3 dB condition, decorrelator performance is equal relatively with the conventional. Finally, by implementing diversity technique at transmitter and decorrelator at receiver will give better result. Besides that, right spreading code election will improve system performance because orthogonality from used spreading code can decrease interference.Keyword: WCDMA, Diversity, Decorrelator, dan MAI

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI SISTEM DS-CDMA MENGGUNAKAN TRANSMITTER DIVERSITY DAN RECEIVER DECORRELATOR
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ADE ANDRIYATNO
Perorangan
Budi Prasetya, Arfianto Fahmi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini