ANALISA KINERJA ESTIMASI KANAL DENGAN INVERS MATRIK PADA SISTEM MIMO DENGAN MODULASI QPSK

I GEDE SUWANDHANA PUTRA

Informasi Dasar

111040327
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dalam komunikasi wireless sekarang ini, dibutuhkan suatu teknologi yang dapat mengatasi masalah multipath fading dan dapat menyediakan layanan data kecepatan tinggi sehingga memicu lahirnya teknologi baru dengan penggunaan multiple array antenna di sisi transceiver dan receiver yang biasa di sebut teknologi MIMO (Multiple Input Multiple Output).
Pencapaian rate transmisi yang tinggi dengan kinerja dan kehandalan yang baik sangat diperlukan,oleh karena itu untuk dapat memaksimalkan penggunaan dari teknologi MIMO ini diperlukan adanya estimasi kanal pada system MIMO sehingga informasi mengenai kondisi kanal antara pengirim dan penerima dapat diketahui
Terdapat beberapa algoritma yang dapat dipakai dalam mengestimasi kanal pada sistem MIMO, dalam Tugas akhir ini digunakan metode invers matriks. Akan dilakukan perubahan parameter jumlah pilot dan nilai perubahan kanal yang terjadi dan juga akan dilakukan perubahan pada nilai S/N dan dianalisis nilai-nilai minimum dari parameterparameter tersebut dimana sistem masih bisa bekerja dengan baik.
Dari hasil simulasi didapatkan bahwa dengan pemakaian simbol pilot yang semakin banyak maka nilai error kanal akan semakin kecil, dalam simulasi didapatkan pada jumlah simbol pilot 128 simbol dan nilai error kanal akan semakin kecil dengan nilai SNR yang semakin besar, dalam simulasi didapatkan dengan SNR 20 dB. Dan dengan perubahan nilai kanal, mengakibatkan nilai estimasi error kanal semakin besar, dalam simulasi ini perubahan nilai kanal sebesar 50%. Dan juga didapatkan sistem tidak dapat bekerja dengan baik untuk besar perubahan kanal lebih dari 100%. Pada simulasi ini, didapat dengan nilai perubahan kanal semakin besar maka nilai estimasi error kanal semakin besar pula. Hasil juga didapatkan untuk semakin besar kecepatan perubahan kanal maka didapatkan nilai error kanal yang semakin besar pula, dalam simulasi ini untuk kecepatan perubahan 5 kali.
Kata Kunci : Kata Kunci : MIMO, Invers MatrikABSTRACT: In wireless communication nowadays, we needs a technology to overcome multipath fading problem and to provide a high speed data access, yet, it will become a trigger to a new technology with the use of multiple array antenna in transceiver and receiver known as MIMO(Multiple Input Multiple Output) technology.
High attainment rate transmission with the good mainstay and performance very wanted, for that reason channel estimation needed at system MIMO so that information of concerning channel condition at area between transmitters and receiver can be known.
There are some algorithm that can used to estimated the channel in MIMO system, in this research used invers matrix method. Will changes the sum of pilots and value of channel changes parameters and wll changes the value of S/N and will analysed the minimum value of that parameters which performance of system still good.
From the simulation result we can get that the more we use pilot symbol, the less the value of error channel, in simulation we can get in pilot symbols 128 symbol and the value of error channel will decrease with the value of SNR increase, in simulation we can get with SNR 20 dB. And, with changes of channel value, effect the value of error estimation channel will increase, in this simulation the value of channel is 50%. And we can get too, system will not work properly for the changing value of channel is more than 100%. In this simulation, can get with the changing value of channel, the value of error channel estimation will increase too. The result we can get too, the more speed of cnganging channel then will get the more of error channel . In this simulation, for speed of changing in 5 times.
Keyword: Key Word : MIMO, Invers Matrix

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISA KINERJA ESTIMASI KANAL DENGAN INVERS MATRIK PADA SISTEM MIMO DENGAN MODULASI QPSK
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

I GEDE SUWANDHANA PUTRA
Perorangan
Bambang Sumajudin, Iwan Iwut Tirtoasmoro
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini