Analisis Performansi Pengelompokan Slice Untuk Profil Baseline H264 pada Mobile Adhoc Network (MANET)

Tenri Ajeng Sawerigading

Informasi Dasar

111040313
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Perkembangan teknologi telekomunikasi yang semakin pesat dewasa ini membuat permintaan akan komunikasi video menjadi satu hal yang wajib untuk dipenuhi.Untuk memenuhi permintaan tersebut maka diperlukan suatu pengkodean yang dapat memberikan kualitas video yang baik, dapat dikirimkan dengan bit rate yang rendah hingga nantinya bisa terkirimkan di sisi client dengan kualitas yang tidak kalah dengan video aslinya.

Hal ini memungkinkan dengan adanya teknik pengkodean yang telah direkomdasiskan oleh ITU-T saat ini adalah advance video coding (AVC) standar yang lebih dikenal dengan H.264 atau MPEG 4 part 10 yang telah mendominasi komunitas standar video coding beberapa tahun belakangan ini. Dengan pengkodean H.264 pengiriman bit rate yang rendah dapat terpenuhi dengan resiko terjadinya trade off (penurunan kualitas video yang dihasilkan).

Tugas akhir ini menganalisa pengkodean performansi pada baseline profile dalam Slice Group H.264 di Mobile Ad hoc Network (MANET) .Parameter yang akan diukur untuk menilai kualitas video yang dihasilkan adalah PSNR, delay, jitter, throughput, packet loss, dan MOS dimana pengujian akan dilakukan dalam MANET. Metoda yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah kajian pustaka,melakukan implentasi dan analisa.

Kesimpulan yang didapat pada penelitian Tugas Akhir ini adalah pada pengelompokan slice di baseline profile H.264 semakin banyak jumlah slice yang kita gunakan maka hasilnya akan semakin baik jika dilihat dari nilai PSNR nya. Video yang distreamingkan hasilnya masih dapat dilihat dengan jelas oleh mata manusia.Kata Kunci : Baseline profile, Slice Group, MANETABSTRACT: The development of telecommunications technology is rapidly increasing nowadays. It makes the demand for video communication is needed. To meet the demand we need a coding that can provide good quality video, which can be delivered with low bit rate until later in the client side with a quality not inferior to the original video.

This allows the presence of coding techniques that have been recommended by ITUT today is an advanced video coding (AVC) standard known as H.264 or MPEG 4 part 10 that has dominated the community of video coding standards in recent years. With H.264 encoding low bit rate transmission can be fulfilled with the risk of tradeoff (loss of quality resulting video).

This thesis will analyze the performance on the baseline profile encoding in H.264 Slice Group in Mobile Ad hoc Network (MANET). Parameters to be measured to assess the resulting video quality are PSNR, delay, jitter, throughput, packet loss, dan MOS which the testing will performed in a MANET. The method used in this thesis is the literature review, simulation and analysis.

Conclusions obtained in this study are the more slice on slice grouping at baseline profile in the H.264 the better results we get which we can see at PSNR value. Streamed video can clearly watch by people.Keyword: Baseline profile, Slice Group, MANET

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis Performansi Pengelompokan Slice Untuk Profil Baseline H264 pada Mobile Adhoc Network (MANET)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Tenri Ajeng Sawerigading
Perorangan
Ida Wahidah, Sofia Naning Hertiana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini