Analisis Performansi Viterbi OFDM pada Kanal PLC

Aulia Ivan Maulana T.

Informasi Dasar

111040304
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dewasa ini banyak pembangunan sistem komunikasi yang berhubungan dengan instalasi jaringan baru. Hal ini tentunya sangat tidak efisien dan memakan waktu yang lama. Selain itu, diinginkan suatu teknologi telekomunikasi yang dapat memberikan kemudahan akses dan juga menjangkau daerah rural. Sistem Power Line Communcation (PLC) merupakan salah satu solusi dari permasalahan ini. Power Line Communication (PLC) adalah sistem transmisi data dengan memanfaatkan kabel listrik sebagai media pembawa frekuensi (frequency carrier).
PLC sebagai teknologi yang memanfaatkan saluran listrik untuk menumpangkan sinyal suara dan data, dihadapkan kendala-kendala yang cukup rumit. Hal ini disebabkan berbagai kenyataan bahwa PLC mengambil tempat secara langsung pada pada jaringan dimana kebanyakan dari peralatan listrik rumah tangga dioperasikan yang mengakibatkan level noise pada jaringan akan menjadi tinggi. Noise tersebut akan mempengaruhi kualitas dari pengiriman suara dan data, sehingga diperlukan suatu metode modulasi yang mampu memberikan solusi pemecahannya.
Untuk meningkatkan performansi sistem yang mentransmisikan data ke suatu kanal telekomunikasi, beberapa teknik pengkodean telah umum digunakan seperti kode blok dan kode konvolusi. Pada tugas akhir ini, akan dilakukan simulasi untuk mengetahui performansi (dalam hal ini BER) dari penggunaan viterbi decoding dengan modulasi OFDM pada PLC.
Kata Kunci : PLC, Viterbi, OFDM.ABSTRACT: Recently, there are so many communication system constraction to build new installation network. In this case, its not eficient and wasting time. Beside, in need of a telecommunication technology that can provide access rashness and can reach rural area. Power line commnucation is a solution to solve this problems. Power line communication is a data transmission system that used power line channel as a carrier frequency medium.
PLC as a technology that used power line channel face few problems. The fact that power line channel is a place where most of the electricity equipment being operated makes the power line channel has high noise level. These noise will affect the quality of voice and data transmission, so we need a modulation scheme that can solve this problem.
To increase the system performance that transmit data to a telecommunication channel,several coding technique has commonly used such as block code and convolutional code. This final task is simulating the use of convolutional code and OFDM on PLC.
Keyword: PLC, viterbi, OFDM.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Analisis Performansi Viterbi OFDM pada Kanal PLC
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Aulia Ivan Maulana T.
Perorangan
Basuki Rahmat, Budi Prasetya
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini