ANALISIS PERFORMANSI HANDOVER DAN KANAL SDCCH (STANDALONE DEDICATED CONTROL CHANNEL) PADA SISTEM GSM

ACHMAD HIDAYAT

Informasi Dasar

111040293
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: GSM (Global System for Mobile Communication) merupakan teknologi komunikasi bergerak generasi kedua (2G) yang saat ini telah banyak diaplikasikan oleh negara-negara di dunia termasuk Indonesia. Penerapan konsep seluler (dengan memperhatikan tingkat mobilitas dari pelanggan) dalam sistem GSM secara efisien adalah salah satu faktor yang sangat penting dalam pembentukan jaringan yang berkualitas. Di sisi lain, pelanggan menginginkan layanan terbaik dari operator seluler sebagai penyedia jasa komunikasi. Akibat adanya konsep seluler dan tingkat mobilitas dari pelanggan yang cukup tinggi, maka diperlukan mekanisme Handover dan SDCCH (Standalone Dedicate Control Channel) yang memungkinkan pelanggan untuk berpindah dari satu sel ke sel yang lain tanpa adanya pemutusan hubungan saat melakukan pembicaraan. Performansi Handover dan SDCCH yang kurang baik dapat menyebabkan turunnya kualitas pelayanan dan kualitas pembicaraan yang dihasilkan.
Dari data trafik yang diperoleh, terdapat indikasi adanya permasalahan berupa rendahnya tingkat kesuksesan Handover dan SDCCH. Hal ini dapat dilihat melalui parameter pendukung Handover Success Rate dan SDCCH Success Rate dari data trafik tersebut.
Dalam tugas akhir ini akan dilakukan analisis kinerja dari sistem GSM berupa Handover dan SDCCH dengan memperhatikan parameter pendukung Handover Success Rate dan SDCCH Success Rate.
Dari hasil tugas akhir ini diharapkan dapat diketahui penyebab rendahnya tingkat kesuksesan Handover dan SDCCH yang berpengaruh pada performansi jaringan. Kemudian dari hasil pengamatan tersebut dapat diketahui kinerja performansi jaringan, apakah tingkat kesuksesan Handover dan SDCCH memenuhi standar KPI atau tidak, sehingga dapat dicapai adanya performansi jaringan yang berkualitas untuk menjamin kepuasan pelanggan.Kata Kunci : -ABSTRACT: GSM (Global System for Mobile Communication) is cellular communication technology for 2G that has been applicated by the countries of the world include Indonesia. The application of cellular concept (with look mobility of subscriber) on GSM system efficiently is one of the useful factor for establishment network quality. The other side, the subscriber want the best service from cellular operators which give communication service. Based on cellular concept and user mobility that are high enough, so need Handover and SDCCH (Standalone Dedicate Control Channel) mechanisme that may the user can move from one cell to the other cell without break of the connection. Performance of Handover and SDCCH that are not good can cause quality of service and communication which are resulted.
From traffic data, there are the failure of indicator like low of Handover and SDCCH successful. This can be saw through the parameters that compose Handover Success Rate and SDCCH Success Rate.
This final project, performance of Handover and SDCCH will be analyzed with look the parameters that compose Handover Success Rate and SDCCH Success Rate. From this final project can be know the failure factor of Handover Success Rate and SDCCH Success Rate that influenced of network performance. Then, from result of observation can be know network performance, if successful level of Handover and SDCCH fullfil the KPI standart or no, so can be reached quality of network performance to guarantee satisfaction of subscriber.Keyword: -

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI HANDOVER DAN KANAL SDCCH (STANDALONE DEDICATED CONTROL CHANNEL) PADA SISTEM GSM
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ACHMAD HIDAYAT
Perorangan
Rendy Munadi , Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini