PERANCANGAN ALGORITMA SUBKANALISASI PADA MOBILE WIMAX IEEE 802.16e

ANDI ERVAN SURAHMAT

Informasi Dasar

111040264
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Broadband Wireless Access (BWA) adalah teknologi informasi dengan kecepatan akses yang tinggi yang saat ini menjadi riset di berbagai negara maju. Layanan dari BWA salah satunya adalah WiMAX IEEE 802.16 yang sudah mendukung mobility. Standar ini dapat digunakan pada kondisi NLOS (Non - Line Of Sight) dengan dukungan mobilitas user sampai 120 km/jam.
Pada kondisi NLOS standar IEEE 802.16e (mobile WiMAX) dituntut untuk memiliki performansi yang handal pada kondisi kanal yang senantiasa berubah-ubah karena adanya fenomena multipath fading. Untuk mengatasi berbagai masalah yang disebabkan oleh kondisi NLOS tersebut dapat menggunakan teknik sub-channelization.
Pada tugas akhir ini dilakukan analisa performansi teknik subchannelization pada mobile WiMAX system OFDMA arah downlink untuk single dan multiuser berdasarkan parameter dalam hal ini Signal to Noise ratio (SNR) dan parameter pengukuran yang dipakai adalah karakteristik fading, selain itu dilakukan perancangan algoritma pemilihan jumlah subkanal yang aktif dengan proses adaptif dimana parameter yang dibandingkan adalah grafik BER terhadap SNR.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa penggunaan jumlah subkanal dengan derajat yang rendah yaitu subkanal 2 memiliki kinerja yang paling bagus dalam satu poin FFT yang sama untuk single user dengan peningkatan kinerja sebesar ±4.45 dB., selain itu proses adaptif penggunaan jumlah subkanal menghasilkan kinerja yang bagus tanpa mengalami degradasi performansi walaupun kondisi kanal berubah dengan cepat
Kata Kunci : sub-channelization, Signal to Noise ratio, Bit Error RateABSTRACT: Broadband Wireless Access (BWA) is information technology with high speed access and now become research project in many countries. One of BWA services is WiMAX IEEE 802.16 which mobility supported. This standard could use at NLOS (Non Line of Sight) condition and it is supported by mobility for user until 120 km/h.
At NLOS condition IEEE 802.16e (mobile WiMAX) is demanded to have good performance at condition of canal which always change because of multipath fading phenomenon. To handle problems that occur because this condition we can us subchannelization method.
In this final project, performance analysis for subchannelization method at mobile WiMAX OFDMA system’s in downlink direction for single and multi user is done. It is based on parameters such as Signal to Noise Ratio (SNR) and measuring parameter which is fading characteristic’s, otherwise algorithm planner for amount of active sub channel with adaptive process where it is compare two parameters, BER graphic’s against SNR.
The result of simulation shows that the use of sub channel amount with low degree that sub channel 2 has the best performance in one equal FFT point for single user with performance increase for about ±4.45 dB. Same thing occur in multi user condition’s, otherwise adaptive process the use of sub channel amount show good performance’s without performance degradation’s although canal condition’s change fast.
Keyword: subchannelization, Signal to Noise ratio, Bit Error Rate, Broadband

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

PERANCANGAN ALGORITMA SUBKANALISASI PADA MOBILE WIMAX IEEE 802.16e
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ANDI ERVAN SURAHMAT
Perorangan
A. Ali Muayyadi, Uke Kurniawan Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini