ANALISA PERFORMANSI CAKUPAN JARINGAN 3G/WCDMA STUDI KASUS DIY YOGYAKARTA

KHALIF RADHIAN AKBAR

Informasi Dasar

111040219
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: WCDMA/3G adalah istilah yang digunakan untuk teknologi telepon bergerak generasi ke-3, teknologi ini merupakan pengembangan dari generasi ke-2 (2G). Dan merepresentasikan evolusi untuk kapasitas, kecepatan data dan kemampuan layanan baru. Layanan yang terkait dengan WCDMA adalah layanan perpindahan data baik berupa voice data maupun non-voice data kecepatan tinggi. Dan WCDMA sendiri dibutuhkan untuk memberikan layanan bit rate tinggi yang memungkinkan gambar dan video dengan kualitas tinggi dikirim dan diterima melalui wireless network serta juga diharapkan untuk memberikan akses ke internet dengan bit rate yang tinggi pula.
Tugas Akhir ini membahas analisa performansi cakupan dari jaringan radio WCDMA/3G TELKOMSEL di beberapa daerah di provinsi DIY Yogyakarta. Optimasi jaringan akan dilakukan berdasarkan data hasil pengukuran drive test berupa logfile data, dan data yang akan dianalisis meliputi Ec/Io, RSCP, dan TxPower terhadap performansi jaringan dan pengaruh terhadap call setup dan drop call. Hasil analisa akan menjadi acuan dalam pembuatan simulasi yang nantinya akan memberikan rekomendasi optimasi jaringan. Untuk membantu menganalisa data trafik dan data pengukuran tersebut maka akan digunakan software Nemo dan Actix Analyzer, software ini akan membantu engineer dalam melihat dan mengolah data, sehingga dapat dianalisis dengan baik.
Hasil analisa dengan tools yang ada akan memberikan solusi optimasi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan nilai Ec/IO dan RSCP sebagai penyebab turunnya nilai KPI, sehinnga nilai KPI akan dapat ditingkatkan sesuai nilai yang diinginkan.Kata Kunci : drive test, WCDMA, Call setup failure, Handover failur, Drop call, Ec/IO,ABSTRACT: WCDMA/3G is the term used for the generation of mobile phone technology to-3, this technology is the development of 2nd generation (2G). And represents the evolution for the capacity, data speeds and new service capabilities. Services related to WCDMA is a good data transfer service in the form of voice data and non-voice high-speed data. WCDMA needed to provide high bit rate services that enable images and video with high quality sent and received via the wireless network and is also expected to provide access to the Internet with a high bit rate as well.
This Final Project was to discuss the radio network performance TELKOMSEL WCDMA/3G in several areas in the province of Yogyakarta. Network optimization will be based on the data drive test measurements of logfile data, and data to be analyzed include the Ec / Io, RSCP, and TxPower of network performance and the impact on call setup and call drop. The results of the analysis will be a reference in making a simulation which will provide network optimization recommendations. To help analyze traffic data and measurement data are then used software and Nemo Actix Analyzer, this software will help engineers in viewing and processing data, so it can be analyzed properly.
Analyzing result with existing tools will provide optimization solutions that can be done to increase the value of Ec / IO and RSCP as a cause of decline in the value of KPI, KPI values will be increased according to the desired value.Keyword: drive test, WCDMA, Call setup failure, failur Handover, Call Drop, Ec / IO,

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISA PERFORMANSI CAKUPAN JARINGAN 3G/WCDMA STUDI KASUS DIY YOGYAKARTA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

KHALIF RADHIAN AKBAR
Perorangan
A. Ali Muayyadi, Nachwan Mufti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini