Analisis Performansi Jaringan WIMAX Dengan Penerapan IPv4 dan IPv6

Anggia Syahputra

Informasi Dasar

111040193
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Alamat IP merupakan bagian dari jaringan komputer yang sangat penting.Kegunaan alamat IP ini adalah sebagai protokol jaringan TCP/IP.Sampai saat ini alamat IP yang sudah sangat banyak digunakan adalah alamat IP versi 4 (IPv4). Alamat IP versi 4 ini mempunyai kuota alamat yang mencapai empat miliar atau lebih tepatnya 4.294.967.296 yang dapat di gunakan host atau user pada jaringan komputer.

Seiring dengan berkembang dengan cepatnya teknologi, maka penggunaan komputer sudahlah sangat umum diseluruh dunia pada umumnya dan di Indonesia khususnya.Tentunya setiap komputer saat ini belum lengkap rasanya jika belum terhubung dengan jaringan internet. Dan karena hal inilah, diprediksikan alamat IP versi 4 tidak akan cukup kuotanya untuk memenuhi kebutuhan para host atau user nantinya. Untuk mengatasi masalah tersbut maka terciptalah alamat IP versi 6 (IPv6). Alamat IP versi 6 ini mempunyai kuota alamat yang jauh lebih banyak di banding dengan alamat IP versi 4 untuk digunakan oleh host atau user.

Pada tugas akhir ini akan dibuat simulasi dengan opnet modeler 14.5 untuk melihat kinerja WiMAX yang membandingkan IPv4 dan IPv6 untuk aplikasi video conference. Dengan parameter yang akan diteliti adalah delay, jitter, Throughput, dan packet loss.

Ada pun setelah dilakukan pada penelitian kali ini, IPv6 mempunyai keunggulan untuk di semua paramater yang di amati. Dan jaringan WiMAX dapat mendukung IPV6 dengan sangat baik di segala kondisi skenario yang disimulasikan.Kata Kunci : IPv4, IPv6, WiMAXABSTRACT: IP address is a very important part in computer network. It plays role as a protocol in TCP/IP network. Until now, the version that was generally use is IP version 4 address (IPv4). This version has address capacities more than 4 billion (4.294.967.296 to be precised) that can be use by host or user in computer network.

Due to the rapid development of technology, the utilization of computer are very common in the world generally, and in Indonesia particularly. Of course, internet connection is a compulsion for a computer user nowadays. Because of that condition, it is predicted that IPv4 will run out of capacities to contain the the user in the future. In order to take care of the problem that will occur in the future, IP version 6 was created. This version has a lot more capacities than the version 4 had that can be use by host or user in the future.

In this final task, a simulation will be made in OPNET modeler 14.5 to observer the WiMAX network performance by comparing IPv4 and IPv6 for video conference aplication. The parameter that will be observed are delay, jitter, throughput, and packet loss.

The conclusion that can be obtain after the simulation was implemented that the network which using IPv6 has better performance in all paramater that observed. And WiMAX network support IPv6 implementation very well in all scenario condition which are simulated.Keyword: IPv4, IPv6, WiMAX

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis Performansi Jaringan WIMAX Dengan Penerapan IPv4 dan IPv6
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Anggia Syahputra
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, Rendy Munadi
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2011

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini