ANALISIS PERHITUNGAN TRAFIK DATA UNTUK PERANCANGAN ATM (AUTOMATIC TELLER MACHINE) OVER GPRS

TRYYAS EKA PRADIBTYA

Informasi Dasar

111040172
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: ATM (Automatic Teller Machine) saat ini sudah merupakan kebutuhan pokok hampir setiap individu yang akan melakukan transaksi keuangan. Dengan ATM transaksi menjadi lebih mudah dan cepat. Untuk kebutuhan tersebut maka pihak perbankan dituntut untuk melakukan penyediaan fasilitas ini secara efektif dan efisien.
ATM over GPRS sendiri pada dasarnya memungkinkan pihak perbankan atau ATM provider untuk menggunakan GPRS sebagai media koneksi mesin ATM ke host server ATM menggantikan koneksi sebelumnya yang menggunakan VSAT atau Leased- Line. Dengan ATM over GPRS ini, proses instalisasi dan operasional dari ATM bisa lebih mudah daripada menggunakan koneksi sebelumnya.
Dalam tugas akhir ini telah dilakukan perancangan jaringan GPRS untuk bisa mendukung layanan ATM. Hasil dari perancangan tersebut yaitu mesin ATM yang bisa dikoneksikan oleh Jaringan GPRS ke server ATM. ATM yang berhasil dirancang berjumlah 17 buah mesin ATM dari 54 buah mesin ATM yang semula akan dirancang. 17 buah mesin ATM tersebut tersebar di daerah wilayah operasional PT. Telkomsel Jakarta, yaitu: 7 buah di Jakarta Pusat, 2 buah di Jakarta Barat, 1 buah di Jakarta Utara, 4 buah di Jakarta Timur, dan 3 buah di wilayah Bekasi, Tangerang, dan Bogor. Selain itu juga dilakukan simulasi untuk untuk menguji perancangan yang telah dilaksanakan, dimana dari ATM yang berhasil dirancang, simulasi bisa sukses terjadi.Kata Kunci : ATM, GPRS, ATM over GPRSABSTRACT: ATM (Automatic Teller Machine) at this time is a basic needed almost every individual who want to perform financial transactions. With ATM transactions will become easier and faster. Because of that, The Banks or ATM provider is demanded to make this facilities effectively and efficiently.
ATM over GPRS allows The Banks or ATM provider using GPRS network for connection of ATM machine to host server ATM that replace existing connection using VSAT or Leased-Line. With this ATM over GPRS, the ATM installation and operational will be easier than previous connection.
In this Final Assignment has been designed of the GPRS network to support ATM services. The result from this Final Project is ATMs that can connect by GPRS network to ATM server. From 54 ATM that had been designed, there are 47 ATM that successful to be designed. This 47 ATM spread in a PT. Telkomsel Jakarta operational area, 11 in Jakarta Pusat, 3 in Jakarta Barat, 6 in Jakarta Utara, 11 in Jakarta Timur, 8 in Jakarta Selatan and 8 in Bekasi, Tangerang, and Bogor. Also, this final project doing some simulation to test the result from the design, and the simulation from the 47 ATM above is success.Keyword: GPR ATM, GPRS, ATM over GPRS

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS PERHITUNGAN TRAFIK DATA UNTUK PERANCANGAN ATM (AUTOMATIC TELLER MACHINE) OVER GPRS
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

TRYYAS EKA PRADIBTYA
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini