ANALISA DAN SIMULASI DEMODULATOR CAHAYA TAMPAK UNTUK SINYAL KELUARAN BERUPA VIDEO

IQBAL DERMAWAN SIREGAR

Informasi Dasar

111040145
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Untuk menyalurkan data dalam jumlah yang sangat besar deng an bandwidth yang tak terbatas, saat ini banyak dikembangkan sistem komunikasi opt ik di ruang bebas atau Free Space Opt ic Communicat ion system (FSOCs) . Sistem komunikasi ini merupakan proses menyampaikan informasi berupa sinyal l istr ik dari pengi rim ke pen er ima dalam bentuk cahaya dengan media transmisinya berupa udara bebas. Ada bermacammacam sinyal informasi yang bisa di lewatkan melalui sistem komunikasi ini dan salah satunya berupa sinyal video.
Untuk mengubah sinyal informasi berupa l istrik menjadi gel ombang cahaya, maka diperlukan tahapan modulasi dalam suatu sistem komunikasi . Sinyal informasi yang berupa video akan diekstrak menjadi frame-frame (image) . Dengan proses DCT2 image akan di jadikan bi t -bi t biner unipolar yang nant inya akan diubah ke dalam domain opt ik dengan menggunakan sumber cahaya LED dengan panjang gelombang 700 nm. Pemodelan pemancar, penerima, dan noise di letakkan dalam koordinat kartesian t iga dimensi , sehingga nant inya akan dapat diketahui jarak l intasan transmisi maksimal dari s istem komunikasi opt ical wireless indoor ini .
Photo detector di penerima akan menangkap intensi tas cahaya yang masuk dengan di tambah noise dan kanal akan diubah menjadi arus elekt rik. Arus l ist rik ini lah yang akan di - regenerate untuk mendapatkan kembal i pulsa-pulsa bi t unipolar NRZ sehingga nant inya akan dapat di jadikan kembal i fi le image. Pener imaan pulsa -pulsa bi t mengalami delay akibat propagasi . Dengan bi trate 2,5 Gbps, untuk jarak l intasan maksimal transmisi 10,26 m diperoleh BER sebesar 1,396e -6.

Kata Kunci : FSO, video, cahaya tampakABSTRACT: FSOCs (Free Space Opt ic Communicat ion system) has been develop for broadband channel and large data rate. This is t ransmi t electric signal from transmi t ter to receiver into opt ic wi th free space channel . There are many kinds of data, ei ther is video.
Transform elect rical domain to opt ical domain, we need modulat ion. The video wi l l be extract to frames (images) wi th DCT2 process, that wi l l change to bi ts binary unipolar wi th LED (700 nm) .
Design t ransmi t ter, receiver, and noise wi l l be place to 3D cartesian diagram, to get maximum path distance f rom opt ical wireless indoor communicat ion system.
At receiver, photo detector wi l l absorb incident ir radiance wi th noise and t ransform to electric photocurrent . It wi l l regenerate pulses unipolar to form images. Acceptance of pulses having a delay because propagat ion. Wi th bi trate 2,5 Gbps and maximum path distance, be obtained BER=1,396e-6.Keyword: FSO, video, visible l ight

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISA DAN SIMULASI DEMODULATOR CAHAYA TAMPAK UNTUK SINYAL KELUARAN BERUPA VIDEO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

IQBAL DERMAWAN SIREGAR
Perorangan
A. Hambali, M. Ramdhani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini