KODE REED SOLOMON DAN KODE KONVOLUTIONAL PADA SISTEM MMDS PADA LINK RADIO

ZIDNY ILHAM ADIPUTRA

Informasi Dasar

111040144
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Layanan broadband untuk saat ini merupakan suatu hal yang penting. Teknologi wireless dijadikan salah satu alternatif dalam memenuhi kebutuhan akan layanan broadband. Sistem Multichannel Multipoint Distribution Service (MMDS) merupakan salah satu teknologi wireless yang menyediakan layanan broadband berbasis teknologi point to multipoint dengan frekuensi operasi 2.5 GHz sampai dengan 2.7 GHz.
MMDS merupakan sistem yang menggabungkan teknologi wireless dan teknologi kabel. Dimana dengan menggunakan teknologi kabel performansi yang di dapat sangat tinggi, tetapi terpengaruh oleh jarak. Sedangkan, pada sisi radio performansi belum setinggi dengan menggunakan kabel, tetapi jarak layanan bisa lebih jauh. Untuk meningkatkan performansi dari suatu sistem MMDS pada sisi wireless digunakanlah channel coding. Pengkodeaan yang digunakan adalah Reed Solomon pada sisi luar dan pengkodean konvolusional pada sisi dalam. Pengkodean Reed Solomon digunakan untuk mengatasi burst error sedangkan pengkodean konvolusional dapat digunakan untuk mengatasi random error.
Pada tugas akhir ini akan dianalisis pengaruh Bit Error Rate (BER) terhadap SNR dengan menggunakan pengkodean Reed Solomon dan pengkodean konvolusional pada sistem MMDS pada kanal AWGN.
Dari hasil simulasi didapatkan peningkatan performansi dari sistem MMDS dengan menggunakan pengkodean Reed Solomon dan kode konvolusional dengan peningkatan penggunaan constraint length. Pada hasil simulasi didapatkan penurunan nilai daya SNR yang dibutuhkan sebesar 0.73 dB dan 1.39 dB dengan menggunakan modulasi QPSK. Sedangkan, nilai yang didapat dengan menggunakan modulasi 16 QAM sebesar 0.64 dB dan 1.26 dB.Kata Kunci : -ABSTRACT: Broadband service for now is important. Wireless technology is an alternative in broadband service. Multichannel Multipoint Distribution Service (MMDS) is a wireless technology that provide broadband service that base to point to multipoint technology with operation frequency 2.5 GHz to 2.7 GHz.
MMDS is system that adding wireless technology and cable technology. With using cable technology, performance is very high, but influenced with distance. Whereas, at radio side, the performance not as high as using cable, but service distance can more longer. For increasing the performance of MMDS system at wireless, channel coding was used. The code that used is Reed Solomon at out side and convolutional. code at inside. The Reed Solomon code used for settle burst error, whereas convolutional code used for random error.
This final exam will analysed the influence of BER to SNR with using Reed Solomon code and Convolutional code at MMDS system at AWGN channel.
From simulation result, be found performance raising from MMDS system with using Reed Solomon code and Convolutional code with using raise of constraint length. At simulation result, be found the reduction of SNR power value that needed as 0.73 dB and 1.39 dB with using QPSK modulation. Whereas, the value that be found with using 16 QAM modulation are 0.64 dB and 1.26 dB.Keyword: -

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

KODE REED SOLOMON DAN KODE KONVOLUTIONAL PADA SISTEM MMDS PADA LINK RADIO
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

ZIDNY ILHAM ADIPUTRA
Perorangan
Dharu Arseno, Iswahyudi Hidayat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini