PEMBERSIHAN SINYAL TERIMA GROUND PENETRATING RADAR (GPR) BERBASIS PENGOLAHAN CITRA PADA B-SCAN PROCESSING

Rudy Setiawan

Informasi Dasar

111040138
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Ground Penetrating Radar (GPR) adalah salah satu jenis radar yang dapat digunakan untuk mendektesi objek baik metal maupun non metal yang berada didalam tanah. Aplikasi ini bekerja dalam pendeteksian objek berdasarkan respon impuls elektromagnetik yang dikirim oleh antena penerima yang mengenai objek yang berada di dalam tanah. Setelah mengenai objek sebagian impuls tersebut akan dipantulkan dan diterima oleh antena penerima. Di sisi penerima setelah sinyal pantul tersebut diterima dan melalui proses penguatan sinyal melalui Low Noise Amplifier (LNA) maka selanjutnya akan dilakukan pemrosesan data. Dalam aplikasi GPR, pemrosesan data dilakukan dengan tujuan untuk membersihkan sinyal terima dari clutter dan noise.
Pembersihan sinyal dilakukan dengan tujuan agar didapatkan data yang mempermudah proses selanjutnya yaitu identifikasi posisi dan jenis objek. Metode pembersihan sinyal yang digunakan dalam tugas akhir ini yaitu berbasis pengolahan citra dengan melalui proses alignment dan de-noising.
Proses alignment dilakukan untuk memperbaiki citra B-scan yang mengalami pergeseran akibat ketidakidealan pada saat pengambilan data. Metode yang digunakan untuk proses alignment ini yaitu menggunakan edge detection untuk mengetahui informasi dari lebar dan tinggi pergeseran serta jumlah region yang terbentuk akibat pergeseran tersebut. Berikutnya pada proses de-noising yang bertujuan menghilangkan noise dan clutter serta memperjelas dari objek yang ingin dideteksi, digunakan metode Transformasi Cosinus Diskrit dan Transformasi Wavelet Diskrit. Pada proses de-noising menggunakan Transformasi Cosinus Diskrit dihasilkan citra yang memiliki kejelasan objek yang ingin dideteksi dicapai pada saat mengalami perbaikan SNR sebesar 7.3885 dB sedangkan pada proses de-noising menggunakan Transformasi Wavelet Diskrit secara garis besar pembersihan sinyalnya tidak didapatkan kejelasan objek yang ingin dideteksi meskipun didapatkan hasil perbaikan SNR lebih tinggi daripada penggunaan metode Transformasi Cosinus Diskrit.Kata Kunci : GPR, B-Scan, Clutter, Noise,Pengolahan CitraABSTRACT: Ground Penetrating Radar (GPR) is kind of radar that used to detect metal and non-metal buried objects. This application working by detecting object based on electromagnetic impulse response which is radiated by transmitting antenna and hit object on the ground. After hit object some impulse are reflected to the receiving antenna. In receiver the reflected signal will be processed after strengthening process by Low Noise Amplifier (LNA). In GPR application, data processing is used to clean receive signal from clutter and noise .
Signal cleaning is done to get the easier data to identificate kind and position of the object. In this final project cleaning signal methods are based on image processing with alignment and de-noising process.
Alignment process is used to enhance B-scan image which is shifting caused by non-ideal condition when collecting data. This process using edge detection to get information about width and high of the shifthing also how many region formed by shifthed effect. Next, de-noising process which are cleaning clutter and noise also clarify the detected object, are use Discrete Cosine Transform and Discrete Wavelet Transform. In Discrete Cosine Transform, denoising process get image with clearly object is reached when the image has increasing 7.3885 dB of SNR but in Discrete Wavelet Transform, de-noising process produce image with none clearly the detected object though has higher increasing SNR value.Keyword: GPR, B-Scan, Clutter, Noise, Image Processing

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PEMBERSIHAN SINYAL TERIMA GROUND PENETRATING RADAR (GPR) BERBASIS PENGOLAHAN CITRA PADA B-SCAN PROCESSING
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Rudy Setiawan
Perorangan
Heroe Wijanto, Koredianto Usman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini