Modifikasi Antena Mikrostrip Foursquare dan Fourpoint Dengan Polarisasi Sirkular pada Frekuensi 2,4 GHz

Bengawan Alfaresi

Informasi Dasar

111040133
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pada perkembangan teknologi komunikasi wireless yang semakin cepat dan beragam memunculkan berbagai standar teknologi yang baru. Antena dalam hal ini sebagai divice yang langsung berhubungan dengan media transmisi komunikasi sangatlah diperlukan akan kegunaanya. Antena sangat berperan dalam perkembangan komunikasi wireless. Antena secara umum berfungsi sebagai pengubah gelombang terbimbing yang dilewatkan pada saluran transmisi menjadi gelombang ruang bebas dan sebaliknya.
Antena yang akan dirancang memiliki aplikasi W-LAN (Wireless-Local Area Network). Berdasarkan standart 802.11 b & g, W-LAN mempunyai range wilayah frekuensi antara 2.400 MHz – 2.483,5 MHz. Antena ini juga diharapkan akan bekerja dengan baik untuk aplikasi WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) dan BWA (Broadband Wireless Access) 2,5 GHz. Untuk WiMAX bekerja pada range frekuensi antara 2.300 MHz – 2.390 MHz yang terbagi kedalam 6 kanal pita frekuensi. Sedangkan untuk BWA 2,5 GHz bekerja pada range frekuensi 2.500 MHz – 2.520 MHz dan 2.670 MHz – 2.690 MHz. Untuk sebuah pengguna yang ingin menjalankan teknologi di atas, pada perangkat terminalnya diperlukan suatu perangkat antena yang bisa beroperasi pada frekuensi operasi aplikasi tersebut.
Pada tugas akhir ini akan dirancang suatu antena yang mempunyai wilayah bandwith yang lebar dengan memodifikasi antena mikrostrip foursquare menjadi antena fourpoint sehingga mendapatkan wide banwidth. Antena ini menggunakan power devider untuk mendapatkan polarisasi sirkular. Dari pemodifikasian dengan bantuan software Ansoft Ensemble 7.0, nantinya bisa didapatkan modifikasi yang tepat agar bisa beroperasi pada daerah frekuensi kerja yang diinginkan.
Kata Kunci : Antena Mikrostrip, W-LAN, WIMAX, BWA 2,5 GHz, Power DividerABSTRACT: The further growth and enhanced technology of wireless communication are able to motivate the development of the extended technology standard. Antennas, in this case as a device which directly related to the transmission media are urgently needed. They play some important role in wireless communications. In addition, Antenna is generally defined the conversion of the guided wave in which those wave is passed through the transmission line into free space wave and vice versa.
The antenna which support W-LAN (Wireless-Local Area Network) is designed. According to the 802.11 b & g standard, W-LAN defined the range of 2,300 MHz – 2,390 MHz frequency spectrum which is devided into 6 frequency channel. On the other side, the 2.5 GHz BWA operates at the range of 2,500 MHz – 2,520 MHz and 2,670 MHz – 2,690 MHz of frequency spectrum. For the single user who try to apply both of technology or each of them, the antenna which support the above range of frequency is needed at their terminal equipment.
In this final project, the broadband antenna with the modification of the microstrip foursquare antenna into fourpoint antenna are designed such that it can obtain the wideband frequency. The antenna invoke the power divider to obtain circular polarization. From the modification using Ansoft ansamble 7.0 computer program, the accurate modification is achieved. Then, the desired frequency operation are obtained as well.
Keyword: Microstrip Antenna, W-LAN, WiMAX, BWA 2.5 GHz, Power Divider

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Modifikasi Antena Mikrostrip Foursquare dan Fourpoint Dengan Polarisasi Sirkular pada Frekuensi 2,4 GHz
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Bengawan Alfaresi
Perorangan
Heroe Wijanto, Yuyu Wahyu
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini