perancangan dispersion compensating fiber pada fiber singel mode dengan panjang gelombang 1550 nm

prima wicaksono

Informasi Dasar

111040114
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem komunikasi serat optik saat ini telah banyak digunakan untuk keperluan komunikasi baik analog ataupun digital karena besarnya kapasitas yang mampu disediakan oleh kabel serat optik ini. Sekarang juga telah mulai banyak jaringan serat optik yang ada di negara kita mulai dari lintas kota hingga lintas negara. Namun bukan berarti tidak ada masalah dalam penyediaan jaringan kabel serat optik ini karena semakin panjang kabel ini maka kehandalannya akan semakin berkurang atau biasa disebut dengan degradasi dalam fiber optik yang disebabkan karena redaman dan dispersi.
Dalam tugas akhir ini akan membahas salah satu bagaimana mengatasi degradasi pada kabel serat optik itu yaitu dispersi. Cara yang digunakan adalah dengan menggunakan Dispersion Compensating fiber (DCF). Pada Dispersion Compensating Fiber menghasilkan dispersi negatif yang dapat menkompensasi dispersi yang terjadi pada jarak tertentu. Pada panjang gelombang 1330 nm pada serat optik terjadi dispersi yang minimum sedangkan pada panjang gelombang 1550 nm terjadi redaman yang minimum.
Untuk mendapatkan dispersi yang besar pada fiber triple clading didapatkan dengan cara memanipulasi parameter-parameter pada fiber triple clading tersebut. Yang menjadi parameternya ialah indeks bias dari inti dan cladding, dan juga jari-jari dari inti dan cladding. Dari hasil tugas akhir ini di dapatkan fiber yang memiliki dispersi sebesar - 195,6 (ps/nm.Km) dan single mode pada daerah panjang gelombang 1.53 µm - 1.58 µm.Kata Kunci : Dispersi, Triple Clading, Single Mode, Panjang Gelombang 1550 nmABSTRACT: Optical fiber communication systems in present day have a lot of used for analog or digital communication benefit because level of capacities capable to be provided by this optic fibre cable. This time in our country has emerge many optical fiber network star from cross city until cross between country. But it doesn’t meaning that nothing problem in provide optical fiber network because if this cable more length then the performance will decrease or used to know as degradation of optical fiber that usually cause of attenuation and dispersion.
These final projects develop how to reduce one of degradation of fiber optic dispersion. The alternative solution used is by using dispersion compensating fiber (DCF). Dispersion compensation fiber is designed to provide very large negative dispersion to compensate for the accumulated dispersion over the length. Optical fibers designed for use at 1330 nm wavelength have lower fiber dispersion at this wavelength. However, such fibers at 1550 nm have lower fiber attenuation at this wavelength.
To get a very large negative dispersion with triple cladding fiber is with manipulating all parameter that build triple cladding fiber it self. And the parameter are refractive index core and cladding and of course radius of core and cladding it self. The result from this final project gets a fiber that achieve -195,6 (ps/nm.Km) dispersion and single mode in range wavelengths 1.53 µm - 1.58 µm.Keyword: dispersion, triple cladding, single mode, 1550 nm wavelength.

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

perancangan dispersion compensating fiber pada fiber singel mode dengan panjang gelombang 1550 nm
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

prima wicaksono
Perorangan
A. Hambali, Mamat Rokhmat
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini