IMPLEMENTASI PERHITUNGAN KECEPATAN OBJEK BERGERAK BERBASIS WEBCAM DAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL

BAMBANG HERMANTO

Informasi Dasar

111040101
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sistem deteksi gerakan merupakan suatu sistem yang mampu mendeteksi gerakan yang terjadi di dalam video. Deteksi gerakan merupakan subjek penting dalam bidang computer vision yang digunakan oleh banyak sistem pada aplikasi video pengawas, monitoring traffik, kompresi video, perhitungan kecepatan dsb.
Tugas Akhir ini meneliti suatu sistem yang dapat diterapkan untuk menghitung kecepatan kendaraan dalam suatu urutan frame video dengan menggunakan sebuah kamera tunggal. Perhitungan kecepatan ini menggunakan sistem deteksi gerakan dengan metode frame difference. Beberapa pengujian telah dilakukan dengan meng-capture data real dan hasilnya telah dihadirkan. Pengujian sistem ini menggunakan 18 video uji sendiri, 6 video uji berdua, dan 2 video uji lalulintas. Pengujian sistem dilakukan pada kecepatan yang bervariasi yaitu 10 km/jam, 20 km/jam, 30 km/jam, 40 km/jam, 50 km/jam, dan 60 km/jam. Pengujian dilakukan pada intensitas cahaya berbeda yaitu pagi, siang, dan sore. Pengambilan video dilakukan dari samping dengan ketinggian kamera hampir sama dengan ketinggian kendaraan. Berbagai permasalahan objek dan noise pada data juga dipertimbangkan. Sistem dapat dengan teliti mengevaluasi posisi dan orientasi dari objek bergerak. Perubahan dan kalibrasi antara gambar 2D dan jalan yang aktual juga dipertimbangkan.
Hasil dari implementasi sistem ini adalah bagaimana sistem ini mampu mendeteksi, melakukan tracking serta pengitungan, dan menghitung kecepatan objek bergerak dengan tingkat kesalahan dalam proses sekecil mungkin. Pemilihan nilai threshold dan penggunaan frame rate video yang tepat diharapkan mampu memberikan kinerja yang optimal. Hasil pengujian menunjukkan hasil optimum ketika menggunakan threshold 25 dan menggunakan frame rate default dari kamera yang dipakai sebesar 15 fps.Kata Kunci : Deteksi Gerakan, Video, Frame, Kecepatan Objek Bergerak, MetodeABSTRACT: Motion detection system represents a system that capable to detect the motion that happened in video. Motion detection is an important subject in the field of computer vision used by many systems at video surveillance, traffic monitoring, video compression, speed measurement and so on.
Motion detection system represents a system that capable to detect the motion that happened in video. Motion detection is an important subject in the field of computer vision used by many systems at video surveillance, traffic monitoring, video compression, speed measurement and so on.
Result from the implementation of this system are how this system can detect, track and count, and estimate the speed of motion object with the mistake level in process as small as possible. Election the right of value of threshold and usage the right of frame rate of video are expected can give optimal performance. Result of the test show optimum result when using threshold 25 and using default of frame rate in camera at 15 fps.Keyword: Motion Detection, Video, Frame, Speed of Motion Object, Frame

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

IMPLEMENTASI PERHITUNGAN KECEPATAN OBJEK BERGERAK BERBASIS WEBCAM DAN PENGOLAHAN CITRA DIGITAL
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

BAMBANG HERMANTO
Perorangan
Koredianto Usman, Iwan Iwut Tirtoasmoro
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2009

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini