Analisis dan Simulasi Performansi Efek Pertambahan User Pada Jaringan Wimax 802.16e

Reinardi Harianja

Informasi Dasar

111040052
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Mobile Wimax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) merupakan teknologi dengan akses wireless pita lebar berstandar IEEE 802.16e yang di desain mengatasi keterbatasan jaringan wireline untuk memenuhi kebutuhan layanan broadband akses ke pelanggan yang dibarengi dengan mobilitas user (pelanggan) yang tinggi. Kelebihan Mobile Wimax dibandingkan dengan teknologi generasi sebelumnya yaitu interoperability, security, availability, capability (mampu memberikan layanan broadband), jarak jangkau yang luas, mobility, dan yang penting Wimax menawarkan QoS (Quality of Service).

Dalam penelitian ini dilakukan simulasi dan analisa yang terjadi pada jaringan Wimax 802.16e. Dalam simulasi ini diteliti jumlah user yang bisa dilayani tanpa terjadinya penurunan kualitas (QoS). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh 3 parameter QoS, yaitu throughput, delay dan packet loss. Layanan yang disimulasikan yaitu video dan voip.

Dari hasil penelitian dan analisis yang didapat bahwa pertambahan user pada jaringan Wimax 802.16e berpengaruh pada QoS. Jumlah user ideal yang sesuai dengan parameter QoS berdasarkan hasil simulasi adalah 30 user. Hal ini disebabkan nilai delay yang ditunjukkan sebesar 34 ms untuk layanan video, 5.15514 ms pada layanan voip, dan 12.6371 ms untuk gabungan kedua layanan yang telah disebutkan. Nilai throughput untuk 30 user yaitu, 48.23 kbps untuk layanan video, pada layanan voip sebesar 8.9667 kbps dan 9.4208 kbps untuk kombinasi kedua layanan. Besarnya packet loss untuk 30 user adalah 0 % untuk layanan video, voip dan gabungan untuk dua layanan tersebut.Kata Kunci : pertambahan user, QoS, wimaxABSTRACT: Mobile Wimax (Worldwide Interoperability for Microwave Access) is a broadband wireless technology with IEEE 802.16e standard that design to solve wireline network and fullfill high broadband demand of mobility user. Mobile Wimax has more advantages than previous generation, which are interoperability, security, availability, capability (broadband access), wide area coverage, mobility and the most important thing that Wimax guarantee QoS (Quality of Service).

In this research held analysis and simulation in Wimax Network 802.16e. In this simulation has been research about users that can be served without having decreasement of QoS. Three parameters of QoS are, throughput, delay and Packet loss. Video and VoIP services are the service that have been simulated.

Output from this research and analysis show that user growth caused QoS change on Wimax Network 802.16e. Ideal amount of users are thirty users. It shows that in this capacity has 34 ms delay on video. Also 5.15514 ms for voip. For both of it, 12.6371 ms. Troughput value for thirty users are, 48.23 kbps in video, 8.9667 kbps in voip and 9.4208 kbps for both of these application. Packet loss for voip, video and for both services are 0 %.Keyword: user added, QoS, wimax

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis dan Simulasi Performansi Efek Pertambahan User Pada Jaringan Wimax 802.16e
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Reinardi Harianja
Perorangan
Uke Kurniawan Usman, Asep Mulyana
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2010

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini