ANALISIS PERFORMANSI TEKNIK PENGKODEAN REGULAR DAN IRREGULAR LOW DENSITY PARITY CHECK CODE PADA SISTEM MC-CDMA

NURUL HUDA

Informasi Dasar

111040051
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sebagai efek dari perkembangan jaman, teknologi telekomunikasi khususnya dalam sistem komunikasi wireless, dituntut untuk dapat menyediakan layanan data yang berkecepatan tinggi (high data rate) dengan QoS yang reliable (BER yang kecil dengan Eb/No sekecil mungkin). Masalah yang timbul dalam komunikasi bergerak adalah adanya multipath fading, yang mengakibatkan adanya kesalahan data yang terima pada sisi terima menjadi meningkat.
Sebagai efek dari perkembangan jaman, teknologi telekomunikasi khususnya dalam sistem komunikasi wireless, dituntut untuk dapat menyediakan layanan data yang berkecepatan tinggi (high data rate) dengan QoS yang reliable (BER yang kecil dengan Eb/No sekecil mungkin). Masalah yang timbul dalam komunikasi bergerak adalah adanya multipath fading, yang mengakibatkan adanya kesalahan data yang terima pada sisi terima menjadi meningkat.Sebagai efek dari perkembangan jaman, teknologi telekomunikasi khususnya dalam sistem komunikasi wireless, dituntut untuk dapat menyediakan layanan data yang berkecepatan tinggi (high data rate) dengan QoS yang reliable (BER yang kecil dengan Eb/No sekecil mungkin). Masalah yang timbul dalam komunikasi bergerak adalah adanya multipath fading, yang mengakibatkan adanya kesalahan data yang terima pada sisi terima menjadi meningkat.
Sebagai efek dari perkembangan jaman, teknologi telekomunikasi khususnya dalam sistem komunikasi wireless, dituntut untuk dapat menyediakan layanan data yang berkecepatan tinggi (high data rate) dengan QoS yang reliable (BER yang kecil dengan Eb/No sekecil mungkin). Masalah yang timbul dalam komunikasi bergerak adalah adanya multipath fading, yang mengakibatkan adanya kesalahan data yang terima pada sisi terima menjadi meningkat.
Sistem MC-CDMA merupakan teknik penggabungan teknik akses jamak varian dengan OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Penggunaan MC-CDMA membuat frequency selective fading akan berubah menjadi flat fading sehingga proses untuk mengatasi akibat dari pengaruh fading menjadi lebih mudah. Selain kemampuan mengatasi multipath fading, juga dapat mengefisienkan penggunaan bandwidth. Teknik pengkodean kanal dibutuhkan untuk mengatasi random error yang diakibatkan multipath fading. Tugas akhir ini menganalisis perbandingan performansi teknik pengkodean Regular dan Irregular LDPC pada sistem MC-CDMA dengan skema termodifikasi. Analisis yang dilakukan meliputi perbandingan pengaruh jumlah bit ‘1’, pengaruh variasi ukuran block code, nilai coderate, serta jumlah iterasi decoding, dan pengaruh kecepatan user.
Hasil simulasi menunjukkan bahwa sistem LDPC Coded MC-CDMA dengan teknik pengkodean Irregular memberikan coding gain sebesar 6,7 dB, sedangkan teknik pengkodean Regular memberikan coding gain sebesar 6,3 dB. Dalam setiap variasi perbandingan, Irregular LDPC memiliki performansi yang lebih baik dibandingkan Regular LDPC . Hasil simulasi juga menunjukkan bahwa performansi sistem LDPC Coded MC-CDMA untuk teknik pengkodean Irregular dengan kondisi user bergerak pada kecepatan 120 km/jam, target BER dapat dicapai pada Eb/No 9,6dB, sedangkan Regular LDPC tidak dapat mencapai target BER.Kata Kunci : -ABSTRACT: As an effect of the globalization era, telecommunication technology, especially in wireless communication system is forced to prepare high data rate with reliable QoS (Low BER with very small Eb/No). The problem in mobile communication is multipath fading, which affected the rising of error data receive on receiver side.
MC-CDMA system is a combine technique between multiple access techniques with OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). The using of MC-CDMA will make frequency selective fading change into flat fading, so the process for overcoming the fading effect is easier. Beside the ability to overcome multipath fading, it also makes the use of bandwidth more efficient. The channel coding technique is needed to overcome random error which resulted by multipath fading. This final project analyzes the compare of Regular coding technique’s performance and Irregular LDPC on MC-CDMA system by modified scheme. The analyzes is about the compare number of bit ‘1’ effect, the effect of variant size of block code, code rate value, number of decoding iteration and the effect of user’s speed.
The simulation result showed that LDPC Coded MC-CDMA system with Irregular coding technique gives coding gain 6,7 dB, while Regular coding technique 6,3 dB. In every compare variation, Irregular LDPC has better performance than Regular LDPC. Simulation results also shows that LDPC Coded MC-CDMA performance to Irregular coding technique with mobile user condition on 120 km/hour speed, BER target can be got on Eb/No 9,6 dB, while Regular LDPC can not get the target.Keyword: -

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

ANALISIS PERFORMANSI TEKNIK PENGKODEAN REGULAR DAN IRREGULAR LOW DENSITY PARITY CHECK CODE PADA SISTEM MC-CDMA
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

NURUL HUDA
Perorangan
Dharu Arseno, Rina Pudji Auti
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini