KEAMANAN JARINGAN PADA APLIKASI ELECTRONIC PAYMENT MENGGUNAKAN PROTOKOL SSL BERBASIS ALGORITMA ENKRIPSI RSA 1024 BIT DAN RC-4 128 BIT

GUSTOMMY BISONO

Informasi Dasar

111040028
004
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Pembayaran elektronik sekarang sudah menjadi seperti gaya hidup dan kebutuhan bagi sebagian masyarakat, terutama masyarakat perkotaan yang menginginkan pola bertransaksi yang praktis dan cepat. Dengan berkembangnya teknologi di bidang jaringan internet, suatu proses pembelian dan pembayaran melalui internet sudah bukan hal yang asing lagi.
Masalah terpenting dalam jaringan komputer adalah masalah keamanan data yang dikirimkan. Pelaku kejahatan memanfaatkan celah keamanan yang ada untuk dimasuki dan melakukan manipulasi data. Pihak penjahat itu bisa saja berniat untuk sekedar mencari tahu saja, atau juga bisa mencuri berbagai macam hal seperti uang, data rahasia, dll.
Secure Socket Layer (SSL) merupakan suatu protokol yang telah dikembangkan dan dipergunakan untuk mengatasi permasalahan keamanan yang mengancam proses transaksi menggunakan jaringan internet. SSL didukung pula dengan penyediaan fasilitas enkripsi yang cukup memadai dan dilengkapi dengan sebuah proses handshaking dan pengiriman data yang cukup aman untuk mengatasi berbagai kejahatan jaringan internet yang ada.
Dengan adanya kejahatan cyber yang berkembang di jaringan internet, maka tugas akhir ini akan menganalisa sistem keamanan yang mampu disediakan oleh sistem tersebut, meliputi simulasi serangan dan juga analisa yang disusun berdasarkan referensi yang sudah ada.
Sistem keamanan yang diimplementasikan ternyata bisa memenuhi parameter-parameter keamanan internet yaitu confidentiality, authority, authentication, integrity, dan non-repudiation. Sistem dengan protokol SSL ini juga sanggup mengantisipasi simulasi serangan man-in-the-middle dan juga masih aman terhadap serangan brute-force dalam waktu beberapa tahun ke depan. Kelemahan yang bisa diketahui dari sistem ini adalah masih rentan terhadap serangan denial of service, yang bisa membuat performa jaringan server menjadi sangat sibuk, dan bisa membuat kegagalan dalam transaksi rata-rata sebesar 2,31 % dari 15000 simulasi transaksi.
Kata Kunci : enkripsi, pembayaran elektronik, keamanan jaringan, SSLABSTRACT: Electronic payment has now become a life style and needs for some community, especially for urban society that expect a practical and fast transaction. Within the development in technology in the computer network, especially with the existence of internet access, an online payment is now become popular. Even people now can use this online service to buy things from other country with only use their personal computer connected on internet access.
The most important thing in computer network is the security in sending data, there are so many cyber crimes we had heard from any media. Criminals use the security fissure to be interrupted and then doing some data manipulations. Those criminals may just want to look at something, or may steal anything like money, secret data, etc.
Secure Socket Layer (SSL) is a protocol that is developed and used to prevent the security problems that could threat transaction process through internet access. SSL is supported also with a good encryption facility and also completed with a secure handshaking and data transfer to solve the existence of internet network crime.
Within the existence of cyber crime in the internet, so this final project will analyze the security system that is provided by the system, including attack simulation and analysis that is compiled based on the exist references.
The implemented security system is able to provide the security parameters, they are confidentiality, authority, authentication, integrity, and non-repudiation. The SSL protocol is also able to anticipate man-in-the-middle attack simulation and still secure enough from brute-force attack in the next several years. The weakness of the system is the susceptibility from denial of service attack, that could make the network performance of the server is being very busy, and could make 2,31 % transaction failure from 15000 transaction simulation.
Keyword: encryption, electronic payment, network security, SSL

Subjek

Teknik Komputer
 

Katalog

KEAMANAN JARINGAN PADA APLIKASI ELECTRONIC PAYMENT MENGGUNAKAN PROTOKOL SSL BERBASIS ALGORITMA ENKRIPSI RSA 1024 BIT DAN RC-4 128 BIT
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

GUSTOMMY BISONO
Perorangan
Agus Virgono, R. Rumani
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini