Implementasi Smart Antenna Menggunakan Algoritma Eigenbeamforming Pada TMS320C6713

Dominikus Madya P.

Informasi Dasar

111037278
621.382 16
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Antena pada sistem komunikasi bergerak memegang peranan yang sangat penting untuk memancarkan gelombang radio melalui udara. Namun, sampai pada saat ini antena yang digunakan masih menggunakan pola beam yang tetap. Teknologi Smart Antenna yang menggunakan algoritma adaptif tertentu merupakan suatu cara yang digunakan untuk meningkatkan performansi dari suatu sistem komunikasi bergerak.
Smart Antenna yang diimplementasikan menggunakan algoritma Eigenbeamforming dan digunakan pada sistem komunikasi dengan standar IEEE 802.16e. Algoritma ini diimplementasikan pada TMS320C6713 yang digunakan untuk mendapatkan vektor pembobotan untuk setiap elemen antena susunan. Parameter yang akan diuji antara lain serta pada kondisi single user yang meliputi pengaruh level noise AWGN serta kondisi multi user yang meliputi pengaruh jumlah penginterferensi terhadap parameter SNIR pada user yang diinginkan.
Hasil yang didapatkan adalah level noise AWGN yang besar akan mengakibatkan ketidakstabilan pada pola radiasi yang terbentuk mengindikasikan keakuratan estimasi kanal berkurang. Dengan bertambahnya jumlah penginterferensi akan mengakibatkan penurunan pada nilai SNIR pada user yang diinginkan. TMS320C6713 dapat digunakan sebagai prosesor pengolah sinyal pada sistem Smart Antenna. Disarankan untuk melakukan optimasi pemakaian buffer kanal komunikasi pada DSP untuk meningkatkan kecepatan transfer data dari TMS320C6713 ke PC.
Kata Kunci : beam, Smart Antenna, Eigenbeamforming, TMS320C6713.ABSTRACT: Antenna on mobile communication has an important role to transmit radio wave through the air interface. But, until today the antenna system that mainly used still having a fixed beam pattern. Smart Antenna Technology which used a current adaptive algorithm is a way to increase the performance of mobile communication system.
Smart Antenna system that has been implemented is using Eigenbeamforming algorithm and being used in a communication system based on 802.16e standard. This algorithm has been implemented on TMS320C6713 which used to get the weighting vector for the array antenna element. The parameters that will be studied in a single user environment is the impact of gaussian noise level to the system and in a multi user environment is the impact of interferers number on desired user SNIR.
The performance results are the more Gaussian noise level will effect on radiation pattern stability that indicate degradation of the channel estimation accuracy. Degradation on user SNIR will also be occur with the appearance of interferers. TMS320C6713 can be used as platform to implement Smart Antenna system. A recommendation is also given to optimize the used of channel communication buffer on DSP to increase data rate transfer from TMS320C6713 to PC.
Keyword: beam, Smart Antenna, Eigenbeamforming, TMS320C6713

Subjek

Transmisi Telkom
 

Katalog

Implementasi Smart Antenna Menggunakan Algoritma Eigenbeamforming Pada TMS320C6713
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Dominikus Madya P.
Perorangan
Heroe Wijanto, Kris Sujatmoko
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini