PERANCANGAN DAN SIMULASI KRIPTOGRAFI VIDEO DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA AES DAN HASH SHA-1 (DESIGN AND SIMULATION VIDEO CRYPTOGRAPHY BY USING AES ALGORITHM AND HASH SHA-1)

HENGKY SAPUTRA

Informasi Dasar

111030261
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Dengan pesatnya perkembangan teknologi di bidang telekomunikasi, suatu informasi memerlukan suatu keamanan dan kerahasian karena informasi itu menjadi barang yang sangat berharga sekali. Salah satu cara untuk mengamankan data tersebut adalah dengan menggunakan kriptografi. Kriptografi itu sendiri adalah cabang ilmu matematika yang memanfaatkan proses komputasi untuk mengacak data yang bertujuan untuk mencegah pihak-pihak yang tidak di izinkan untuk mengetahui dan memodifikasi data-data tersebut.
Pada kriptografi terdapat enkripsi dan dekripsi. Enkripsi adalah proses mengubah data asli (plaintext) kedalam bentuk yang tidak dapat dibaca (ciphertext) dengan menggunakan suatu kunci dan dekripsi adalah proses mengubah data yang sudah dalam bentuk tidak dapat dibaca (ciphertext) kedalam bentuk yang dapat dibaca kembali (plaintext) dengan menggunakan sebuah kunci. Untuk dapat melakukan enkripsi dan dekripsi dibutuhkan algoritma dan kunci.
Dalam tugas ini dibuat perancangan dan diteliti simulasi video enkripsi dan dekripsi tersebut dengan menggunakan format .AVI tanpa terkompresi dan tanpa suara. Pengenkripsian video dilakukan dengan byte-byte dimana byte adalah unit dasar dari operasi yang akan dilakukan pada blok data dari tiap-tiap frame yang terdiri dari 3 layer dengan menambahkan kriptografi kunci rahasia AES (Advance Encryption Standard) 128 bit block cipher yang simetrik dan di hash dengan SHA-1 sebagai pembangkit kunci untuk enkripsi dan dekripsi.
Dari penelitian maka algoritma AES 128 bit dan pembangkit kunci SHA-1 untuk file video bahwa algoritma AES memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena memiliki avalanche effect yang baik, waktu brute force attack yang relatifcukup lama dan SHA-1 memiliki nilai variansi yang kecil.Kata Kunci : Enkripsi dan dekripsi video, AES 128 bit, pembangkit kunci SHA-1ABSTRACT: Information in telecommunication technology improvement lately, that why the information need protection and confidential because that information become precious items. Cryptograph is subdivision of mathematic science which utilizing process computation to upset information which direction for security of information and does not allow other people to modify and know that information.
For using cryptograph process have encryption and decryption. Encryption is process to change plaintext to form cipher text by using a key and decryption is process to change cipher text to form plaintext with same key. Encryption and decryption need algorithm and key.
In this final project will be made design and will be counted simulation from encryption and decryption by using .AVI format for video without compression. Encrypting video will be done by using operation bytes. Each of frame from video have 3 layer red, green, blue and the process encryption will be processed by using AES (Advance Encryption Standard) block cipher 128 bit. SHA-1 is used for key generation. Key for encryption and decryption used symmetric key. After that video encrypted then video will be decrypted. Key generation is used hash function SHA-1.
Result of experiment that AES algorithm 128 bit and SHA-1 key generation for file video are AES algorithm have relative high level security because having good avalanche effect, long time brute force attack for attacker, and SHA-1 have lower variance.Keyword: encryption and decryption video, AES algorithm, key generation SHA-1

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

PERANCANGAN DAN SIMULASI KRIPTOGRAFI VIDEO DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA AES DAN HASH SHA-1 (DESIGN AND SIMULATION VIDEO CRYPTOGRAPHY BY USING AES ALGORITHM AND HASH SHA-1)
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

HENGKY SAPUTRA
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Ida Wahidah
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini