IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN DATA MENGGUNAKAN LSB STEGANOGRAFI DAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI IDEA PADA MMS BERBASIS J2ME

Retno Damayanti

Informasi Dasar

111030246
621.382 2
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Teknologi komunikasi bergerak saat ini berkembang dengan sangat cepat, begitu juga perkembangan fitur-fitur layanan yang yang mendukung dalam sistem GSM. Salah satu layanan yang ditawarkan dari GSM adalah MMS (Multimedia Messaging Service) yang merupakan perkembangan dari SMS (Short Message Service) yang memungkinkan untuk melakukan pengiriman data yang berupa image. Tingkat keamanan data yang dikirim melalui MMS masih belum terjamin, karena pihak penyelenggara jaringan atau operator masih dapat mengetahui isi pesan yang dikirim. Pada tugas akhir ini akan dibangun suatu perangkat lunak yang dapat berguna untuk meningkatkan keamanan pesan yang terjadi pada komunikasi melalui MMS.
Perangkat lunak dibangun untuk meningkatkan keamanan pesan dengan cara menyisipkan pesan berupa text ke dalam suatu image. Untuk melakukannya diperlukan suatu key yang hanya diketahui oleh pengirim dan penerima saja. Sistem tersebut dikenal dengan steganografi pada image Untuk lebih meningkatkan keamanan pesan yang akan disisipkan pada image maka terlebih dahulu dilakukan kriptografi text. Metode yang digunakan pada sistem steganografi adalah metode Least Significant Bit (LSB), sedangkan pada kriptografi menggunakan algoritma International Data Encryption Algorithm (IDEA).
Perangkat lunak yang dibangun menggunakan platform J2ME yang dapat ditanamkan pada mobile phone. Berdasarkan pengujian perangkat lunak yang dilakukan dapat dilihat bahwa perangkat lunak dapat berjalan dengan baik dan algoritma steganografi LSB dan kriptografi IDEA dapat diimplementasikan untuk enkripsi MMS pada mobile phone.Kata Kunci : MMS, steganografi, LSB, kriptografi, IDEA, J2MEABSTRACT: Present mobile communication technology develop fast, equal with service features development that support in GSM system. One kind of service that offered is MMS (Multimedia Messaging Service), kind of technology that developed from SMS (Short Message Service), so it will be possible to send image data. Safety level data that has been sent through MMS still have not guaranteed yet, because network vendor or operator side still can know message content that sent. This final project will build software that has advantage to increase message security that happened on communication through MMS.
Software built to improve message security with inserted message from text form to be image form. To reach goal need a key that only known by sender and receiver. That system called image steganography. For higher security, the message that will be inserted to image, it must be done with text cryptography. Method that used on steganography system is Least Significant Bit (LSB) method, but for cryptography using International Data Encryption Algorithm (IDEA).
Software that built using J2ME platform can be set on mobile phone. Based on software trial, it can be seen that software done well and steganography algorithm LSB and IDEA cryptography can be implemented to encrypt MMS on mobile phone.Keyword: MMS, steganography, LSB, cryptography, IDEA, J2ME

Subjek

Pengolahan Sinyal Informasi
 

Katalog

IMPLEMENTASI SISTEM KEAMANAN DATA MENGGUNAKAN LSB STEGANOGRAFI DAN ALGORITMA KRIPTOGRAFI IDEA PADA MMS BERBASIS J2ME
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Retno Damayanti
Perorangan
Iwan Iwut Tritoasmoro, Maman Abdurohman
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2008

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini