Analisis Performansi Photonic Packet Switch pada Aplikasi Penjadwalan Paket Data

Efi Fatary

Informasi Dasar

111030239
004.6
Karya Ilmiah - Skripsi (S1) - Reference

ABSTRAKSI: Sekarang ini, perkembangan layanan multimedia tumbuh dengan pesat, sehingga suatu jaringan berbasis optik sangat dibutuhkan untuk mengakomodasi beban trafik yang ditimbulkan. Salah satu persoalan utama pada Photonic Packet Switch adalah packet loss karena contention pada port keluaran switching. Contention terjadi jika dua atau lebih paket berusaha mendapatkan port keluaran yang sama pada saat bersamaan.
Skema WDM FDL pada PPS menghasilkan performansi yang baik jika diaplikasikan dengan algoritma penjadwalan paket yang tepat. Beberapa algoritma yang dipilih untuk mengevaluasi Photonic Packet Switch shared buffer antara lain Algoritma A1 : penentuan paket ke buffer dengan antrian minimum, Algoritma A2 : penentuan paket terpendek terlebih dahulu ke panjang gelombang dengan antrian minimum, dan Algoritma A3 : penentuan paket terpanjang terlebih dahulu ke panjang gelombang dengan antrian minimum. Dan terakhir yaitu ditambahkan metode void space reduction pada ketiga algoritma karena Photonic Packet Switch hanya memiliki satu shared fiber delay line buffer.
Hasil simulasi juga menunjukkan bahwa untuk kondisi yang sama (semua parameter sama) dengan ditambahkan metode void space reduction, Algoritma A2 menghasilkan packet loss probability terkecil dan average delay yang cenderung sama dengan Algoritma A1. Secara keseluruhan, Algoritma A2 menjadi pilihan utama karena menghasilkan performansi yang lebih optimal, Algoritma A2 akan memperbaiki performansi PPS. Dengan ditambahkan metode void space reduction, pada grafik hasil yang terlihat pada packet loss probability kecil. Maka metode ini dapat ditambahkan pada jaringan photonic.
Kata Kunci : -ABSTRACT: Currently, growth of multimedia services expands rapidly, so that network bases on optical very required accommodating the generated traffic load. One of main problem in Photonic Packet Switch system is packet loss because of contention in output port of switching. Contention occurs when two or more packets are trying to leave the switch from the same output port at the same time.
The simulation results show that in the same condition, Algorithm A2 has minimum packet loss probability and has same tendency with Algorithm A1 in average delay. As a whole, Algorithm A2 is to be the main choice because of its optimal performance. Algorithm A2 will improve the performance of PPS. By added method void space reduction, at result graphic which seen at packet loss small probability. Hence this method can be added at photonic network.Keyword: -

Subjek

Jaringan Multimedia
 

Katalog

Analisis Performansi Photonic Packet Switch pada Aplikasi Penjadwalan Paket Data
 
 
Indonesia

Sirkulasi

Rp. 0
Rp. 0
Tidak

Pengarang

Efi Fatary
Perorangan
Sofia Naning Hertiana, A. HAMBALI
 

Penerbit

Universitas Telkom
Bandung
2007

Koleksi

Kompetensi

 

Download / Flippingbook

 

Ulasan

Belum ada ulasan yang diberikan
anda harus sign-in untuk memberikan ulasan ke katalog ini